Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis cooperative learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar / Intan Putri Husniah

Husniah, Intan Putri (2018) Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis cooperative learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar / Intan Putri Husniah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Husniah, Intan Putri. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Suharto, S.M., M.Pd., M.M. Kata Kunci: modul, cooperative learning tipe jigsaw, Administrasi Kepegawaian Berdasarkan Keputusan terbaru yang dikeluarkan oleh Kemendikbud menjadikan beberapa perubahan nama dan penambahan pada materi pelajaran di sekolah, salah satunya di SMK pada kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran. Perubahan dan penambahan mata pelajaran baru tersebut belum diimbangi dengan penambahan perangkat pembelajaran baru seperti modul. Untuk itu, peneliti mengembangkan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Cooperative Learning tipe Jigsaw sebagai alternatif bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara mandiri serta membangun konsep melalui proses belajar secara berkelompok. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk siswa SMK/MAK kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran; (2) untuk mengetahui kelayakan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Cooperative Learning tipe Jigsaw melalui uji validasi ahli modul, ahli materi, dan siswa; dan (3) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Cooperative Learning tipe Jigsaw. Penelitian pengembangan ini menggunakan rancangan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi delapan langkah penelitian, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, penyusunan draft produk awal, uji ahli modul dan uji ahli materi, revisi draft produk, uji kelompok kecil, penyempurnaan produk, dan uji kelompok besar. Validasi modul dilakukan oleh dosen di Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang sebagai ahli modul pembelajaran, guru pengajar mata pelajaran Administrasi Kepegawaian SMK Negeri 1 Pasuruan sebagai ahli materi, dan 6 orang siswa kelas XII APK 1 SMK Negeri 1 Pasuruan sebagai responden uji kelompok kecil. Melalui analisis data dilakukan berdasarkan hasil validasi dari ahli modul, ahli materi, siswa uji kelompok kecil, dan hasil belajar siswa yang menjadi uji kelompok besar untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Total hasil analisis validasi ahli modul, ahli materi, dan siswa uji kelompok kecil menunjukkan persentase kelayakan modul sebesar 91,37% yang berarti sangat valid atau sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil belajar siswa yang diambil dari nilai rata-rata kelas sebelum menggunakan modul hasil pengembangan sebesar 77,84, sedangkan nilai rata-rata kelas setelah menggunakan modul hasil pengembangan sebesar 83,89. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa modul hasil pengembangan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat digunakan sebagai alternatif penunjang kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29330

Actions (login required)

View Item View Item