Pengaruh kreativitas dan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran administrasi umum / Islamiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kreativitas dan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran administrasi umum / Islamiati

Islamiati (2018) Pengaruh kreativitas dan gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X APK SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran administrasi umum / Islamiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Islamiati. 2018. Pengaruh Kreativitas dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X APK SMK Negeri 1 Pasuruan Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Kata Kunci Kreativitas Guru Gaya Mengajar Guru Motivasi Belajar. Motivasi belajar peserta didik merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah sebagai tolak ukur untuk mengetahui keberhasilan peserta didik Peneliti menemukan sebuah masalah dalam kegiatan pembelajaran tentang kurangnya kreativitas dan gaya mengajar guru yang mana menurut peserta didik guru cenderung monoton dalam melakukan proses pembelajaran didalam kelas hal ini menyebabkan kurangnya partisipasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga peserta didik lebih memilih berbicara sendiri dengan teman sebangku dan tidak merespon dengan baik pelajaran yang sedang berlangsung Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui apakah kreativitas dan gaya mengajar tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) deskripsi kreativitas guru gaya mengajar guru dan motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Pasuruan. (2) apakah kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Pasuruan. (3)apakah gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X APK di SMK Negeri 1 Pasuruan berjumlah 69 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknikprobability sampling berjumlah 59 peserta didik.. Penelitian ini menggunakan instrument berupa angket atau kuesioner untuk pengambilan data. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) kuesioner (2) dokumentasi dan (3) wawancara. Uji kelayakan instrument dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. teknik analisis menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik yaitu (1) Uji Normalitas menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas (2) Uji Multikolinearitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas (3) Uji Heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Hasil penelitian analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) Kreativitas Guru dalam klasifikasi baik (2) Gaya Mengajar Guru dalam klasifikasi baik (3) motivasi belajar dalam klasifikasi sangat baik. Penghitungan uji t diketahui ii bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Pasuruan (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Pasuruan. Peneliti menyarankan (1) bagi guru diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dalam mengajar dengan memanfaat alat dan media yang disediakan sekolah. Dan diharapkan memiliki gaya mengajar yang bervariasi serta menggunakan metode-metode belajar yang kreatif agar dapat membuat suasana belajar lebih menyenangkan dan dapat untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar (2) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar selain gaya mengajar dan kreativitas guru. Misalnya faktor kesehatan perhatian bakat cara orang tua mendidik suasana rumah fasilitas belajar di rumah keadaam ekonomi keluarga disiplin sekolah dan pengertian orang tua (3) bagi peserta didik meningkatkan kegemaran membaca buku terutama buku-buku yang terkait dengan mata pelajaran kejuruan membuat jadwal belajar rutin setiap hari dan membiasakan mengulang materi yang telah diajarkan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29327

Actions (login required)

View Item View Item