Keefektifan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama (studi perbandingan di smp wahid hasyim malang) / Putra Inviano Christian Abednego - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama (studi perbandingan di smp wahid hasyim malang) / Putra Inviano Christian Abednego

Abednego, Putra Inviano Christian Abednego (2023) Keefektifan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sekolah menengah pertama (studi perbandingan di smp wahid hasyim malang) / Putra Inviano Christian Abednego. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran daring merupakan sebuah program kegiatan belajar mengajar yang dilakukan tidak melalui tatap muka secara langsung melainkan melalui jaringan internet. Sebuah pembelajaran yang menggunakan media sosial sebagai sarana bagi guru untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa seperti contoh nya google form dan zoom. Pada Sekolah Menengah Pertama WH Malang telah menerapkan proses belajar secara daring yang dibantu oleh mahasiswa Universtitas Negeri Malang pada saat kegiatan KPL (Kajian dan Praktik Lapangan) pada bulan Juli 2020 sampai dengan bulan September 2020. Perlahan ndash lahan guru dengan siswa mulai terbiasa dengan pembelajaran daring yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun akan tetapi pada pertengahan tahun 2021 masyarakat mulai melakukan kegiatan diluar rumah namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan diadakannya kembali kebijakan ini siswa kembali ke sekolah dan melakukan aktivitas pembelajaran seperti sedia kala tetapi apakah dengan kembalinya pembelajaran tatap muka akan membuat siswa lebih fokus belajar lagi dan menghasilkan hasil belajar yang diharapkan Apakah pembelajaran daring yang sudah terhenti akan dijalankan kembali bagi siswa untuk belajar dengan mandiri tanpa ada gangguan dari siswa lain Manakah metode pembelajaran yang lebih efektif untuk diterapkan guru di SMP WH Malang jika kita berbicara mengenai hasil belajar siswa Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif secara deskriptif yang berarti peneliti melakukan analisis menggambarkan dan meringkas berbagai situasi dan kondisi dari berbagai data yang dikumpulkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan utamanya berupa wawancara namun disertai dengan data pendukung lain seperti observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian ini menghasilkan kesimpulan perihal efektitas belajar selama pembelajaran daring serta faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Adapun kesimpulan mengenai efektifitas belajar daring yang dijalankan seperti terdapat siswa/siswi yang cenderung menyukai pembelajaran yang komunikatif namun terdapat juga siswa/siswi yang cenderung menyukai pembelajaran yang dapat dilakukan dimana saja. Terdapat juga siswa/siswi yang cenderung menyukai interaksi secara daring namun terdapat juga siswa/siswi yang cenderung cukup mengerjakan tugas saja guna memenuhi hasil belajar. Peniliti berharap penelitian ini dapat memberikan data yang bisa digunakan sebagai referensi alternatif untuk merancang pembelajaran daring yang lebih baik. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk membandingkan metode pembelajaran daring dan luring.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293265

Actions (login required)

View Item View Item