Pengembangan media whiteboard animation untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi siklus karbon / Yasinta Ayunani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media whiteboard animation untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi siklus karbon / Yasinta Ayunani

Ayunani, Yasinta Ayunani (2023) Pengembangan media whiteboard animation untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi siklus karbon / Yasinta Ayunani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pentingnya penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar yang diterapkan di sekolah terutama untuk siswa. Di SMA Negeri 1 Bululawang penggunaan media dalam pembelajaran biologi di kelas menggunakan media cetak seperti buku dan benda tiruan. Penggunaan media ini dirasa kurang maksimal digunakan di kelas karena pada materi biologi terdapat bab siklus karbon yang mengharuskan pembelajaran menggunakan penggambaran visual dari materi yang dijelaskan. Pengembangan media video pembelajaran animasi whiteboard bertujuan menghasilkan media pembelajaran yang dapat digunakan peserta didik untuk meningkatkan pemahaman pada pelajaran biologi materi siklus kelas 10. Pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Sadiman dkk. Pada penilaian uji ahli materi memperoleh hasil persentase sebesar 80 5% uji ahli media mendapat hasil persentase 91 6% tanggapan peserta didik dengan melakukan uji coba satu lawan satu dengan persentase sebesar 89 1% uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 91 6% uji coba lapangan mendapat persentase mencapai 84 8% serta hasil pre-test dan post-test menggunakan uji N-Gain yang memperoleh hasil persentase sebesar 68%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran whiteboard animation dikategorikan layak digunakan sebagai media pembelajaran dan cukup efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa di SMA Negeri 1 Bululawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293263

Actions (login required)

View Item View Item