Persepsi mahasiswa terhadap program merdeka belajar-kampus merdeka (mbkm) / Alfiya Khalida - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi mahasiswa terhadap program merdeka belajar-kampus merdeka (mbkm) / Alfiya Khalida

Khalida, Alfiya Khalida (2023) Persepsi mahasiswa terhadap program merdeka belajar-kampus merdeka (mbkm) / Alfiya Khalida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini memiliki fokus persepsi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari sisi mahasiswa. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Responden penelitian adalah mahasiswa yang terlibat dalam berbagai kegiatan MBKM terutama Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dan Kampus Mengajar (KM). MBKM merupakan upaya menciptakan lingkungan belajar yang otonom dan fleksibel. Metode pengumpulan data meliputi wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Temuan penelitian pada program MBKM adalah program diterima sangat baik oleh mahasiswa. Argumen mahasiswa adalah banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengikuti program MBKM yaitu 1) pengembangan keterampilan dan kompetensi 2) relasi yang semakin luas 3) wawasan dan pengetahuan baru serta 4) uang saku yang diberikan oleh pihak penyelenggara. Program MBKM sangat memotivasi mahasiswa. Adapun hambatan dan tantangan program MBKM adalah 1) kebijakan tidak sinkron antara pihak pemerintah dengan perguruan tinggi dan 2) uang saku yang terkadang diberikan terlambat. Rekomendasi penelitian adalah perlunya evaluasi program MBKM oleh pihak pemerintah maupun perguruan tinggi sehingga meningkatkan manfaat program MBKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293250

Actions (login required)

View Item View Item