Pengaruh minat belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran (studi pada peserta didik kelas XI ADM di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018) / Firda Halimatus Sy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh minat belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran (studi pada peserta didik kelas XI ADM di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018) / Firda Halimatus Sy

Sya'diyah, Firda Halimatus (2018) Pengaruh minat belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif administrasi perkantoran (studi pada peserta didik kelas XI ADM di SMK PGRI Turen Kabupaten Malang tahun pelajaran 2017/2018) / Firda Halimatus Sy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sya diyah Firda Halimatus. 2018. Pengaruh Minat Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran (Studi pada Peserta Didik Kelas XI ADM di SMK PGRI TurenKabupaten Malang Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Minat Belajar Sumber Belajar Prestasi Belajar Prestasi belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilanpeserta didik dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Keberhasilan setiap peserta didik tersebut dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya minat belajar dan pemanfaatan sumber belajar. Minat belajar merupakan pendorong dalam diri peserta didik untuk lebih bersemangat dan giat dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan pemanfaatan sumber belajar secara tepat akan membantu peserta didik dalam meningkatkan prestasi belajarnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) kondisi minat belajar pemanfaatan sumber belajar dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktifAdministrasi Perkantoran (2) pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran (3) pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran produktifAdministrasi Perkantoran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI program keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 54 orang dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh. Variabel yang diteliti meliputi minat belajar (X1) pemanfaatan sumber belajar (X2) dan prestasi belajar mata pelajaran produktif (Y) yang hasilnya diperoleh berdasarkan tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata jawaban responden pada variabel minat belajar sebesar 2 84 yang berarti kondisi minat belajar peserta didiktermasuk dalam kategori baik. Perolehan rata-rata jawaban responden pada variabel pemanfaatan sumber belajar sebesar 2 64 yang artinya pemanfaatan sumber belajar oleh peserta didik termasuk dalam kategori baik. Perolehan rata-rata nilai pada mata pelajaran produktif sebesar 75 63 dan termasuk dalam kategori baik.Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan . Secara parsial hasil analisis uji t menunjukkan bahwa variabel minat belajar memiliki nilai t hitung t tabel yaitu 2 778 2 008 maka Ha1diterima. Variabel pemanfaatan sumber belajar memiliki nilai t hitung t tabel yaitu 3 672 2 008 maka Ha2diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) minat belajar peserta didikkelas XI ADM SMK PGRI Turen dapat diklasifikasikan baik pemanfaatan sumber belajar oleh peserta didik kelas XI ADM SMK PGRI Turenadalah baik dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif Administrasi Perkantoran tergolong baik (2) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran kelas XI ADM SMK PGRI Turen. (3) terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Produktif Administrasi Perkantoran kelas XI ADM SMK PGRI Turen. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan beberapa saran sebagai berikut (1) Bagi kepala sekolah hendaknya lebih meningkatkan lagi komponen sumber belajar yang mendukung seperti penambahan fasilitas di laboratorium sehingga lebih menarik minat belajar peserta didik (2) Bagi guru diharapkan dapat melakukan pendekatan terhadap peserta didik sehingga dapat dengan mudah menumbuhkan minat belajarnya sertadapat menunjukan membimbng dan memotivasi peserta didik agar dapat berinteraksi dengan berbagai sumber belajar yang ada (3) Minat yang sudah tertanam dalam diri peserta didikhendaknya dipertahankan dan lebih dikembangkan lagi serta sumber belajar yang telah ada dapat benar-benar dimanfaatkan dengan baik agar prestasi belajar yang diperoleh juga meningkat (4) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan menggunakan komponen serta klasifikasi sumber belajar yang lebih luas. Selain itu memperluas objek penelitian seperti meneliti minat dan pemanfaatan sumber belajar dengan komparasi objek sekolah swasta dan negeri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29325

Actions (login required)

View Item View Item