Nabila, Muhammad Abdul Fais Nabila (2023) Kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah inovasi media pembelajaran dengan design thinking / Muhammad Abdul Fais Nabila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kompetensi penting dalam keterampilan abad 21. Terdapat berbagai macam cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa salah satunya dengan melakukan kegiatan pengembangan media pembelajaran inovatif yang tepat guna. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan design thinking dan juga menganalisis kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam pembelajaran mata kuliah Inovasi Media Pembelajaran. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini ditemukan analisis penerapan dari design thinking serta kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam indikator fluency flexibility originality dan elaboration. Hasil penelitian menunjukkan bahwa design thinking dapat diterapkan untuk mengembangkan media pembelajaran yang tepat guna dan sesuai dengan analisis kebutuhan siswa. Proses tahapan ndash tahapan design thinking juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam mengembangkan sebuah prototype media pembelajaran. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Design thinking efektif untuk diterapkan dalam pengembangan media pembelajaran jika penggunanya memahami secara konseptual mengenai tahapan ndash tahapannya serta memiliki kompetensi dasar untuk mengembangkan berbagai macam jenis media.mahasiswa dengan tingkat pemahaman konseptual yang rendah maka kemampuan elaboration juga rendah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Aug 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/293238 |
Actions (login required)
View Item |