Pengembangan media pembelajaran adobe flash berbasis android pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Aldis Karunia

Karunia, Aldis (2018) Pengembangan media pembelajaran adobe flash berbasis android pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Kompetensi Keahlian APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Aldis Karunia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Karunia Aldis. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Simulasi Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. H. Suharto S.M. M.Pd. M.M. Kata Kunci media pembelajaran Adobe Flash Android hasil belajar Media pembelajaran adalah alat yang membantu siswa untuk mengerti dan memahami sesuatu dengan mudah. Penggunaan media mempunyai peran penting dalam pembelajaran untuk menciptakan suasana kelas yang kondusif. Media yang menarik dapat menimbulkan ketertarikan siswa dan merangsang peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital pada kelas X APK di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen masih terbatas pada kertas bergambar sehingga suasana pembelajaran menjadi monoton sehingga siswa cepat jenuh dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash berbasis Android dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android dengan yang tidak menggunakan. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Research and Development yang mengadaptasi siklus pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan langkah-langkah penelitian dan pengembangan yang telah dimodifikasi peneliti terdapat langkah-langkah sebagai berikut (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencaaan (3) pengembangan format produk awal (4) validasi ahli (5) revisi produk (6) uji coba produk skala kecil (7) penyempurnaan produk. (8) uji coba skala besar dan (9) produk akhir. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari pedoman wawancara lembar validasi dan kuesioner serta tes. Subjek pada penelitian ini yaitu validator ahli media dari dosen jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang validator ahli materi dari guru mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen dan siswa kelas X APK 1 sebanyak 6 siswa sebagai uji coba skala kecil. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai subjek penelitian yaitu kelas X APK 1 yang berjumlah sebanyak 38 siswa yang merupakan kelas eksperimen dan kelas X APK 2 yang berjumlah sebanyak 35 siswa yang merupakan kelas kontrol. Hasil validasi oleh ahli media mencapai 80% yang menyatakan media pembelajaran cukup valid/dapat digunakan namun perlu direvisi kecil untuk hasil validasi oleh ahli materi mencapai 81 8% yang menyatakan media pembelajaran cukup valid/dapat digunakan namun perlu direvisi kecil dan untuk hasil validasi pengguna media dari skala kecil mencapai 76 6% yang menyatakan media pembelajaran cukup valid/dapat digunakan namun perlu direvisi kecil. Hasil uji coba dilakukan pada kelas X APK 1 sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76 84 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 81 57%. Kelas X APK 2 sebagai kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 59 92 dengan ketuntasan hasil belajar sebesar 35 29%. Selisih skor antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa. Hasil validasi pengguna media dari skala besar mencapai 87 21% yang menyatakan media pembelajaran sangat valid/dapat digunakan tanpa revisi. Kajian produk dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) mengembangkan media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android (2) hasil validasi ahli media memiliki kriteria cukup valid hasil validasi ahli materi memiliki kriteria cukup valid hasil validasi pengguna media skala kecil memiliki kriteria cukup valid hasil validasi pengguna media skala besar memiliki kriteria sangat valid dan (3) berdasarkan perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran tersebut pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ada beberapa saran dari peneliti yaitu (1) saran pemanfaatan media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android dapat dipastikan terlebih dahulu di dalam masing-masing mobile phone siswa sudah terinstall software AdobeAir dapat dipastikan siswa telah memiliki link media pembelajaran guru harus mengawasi dalam proses menggunakan media pembelajaran (2) saran diseminasi yaitu dengan menyebarluaskan atau mensosialisasikan media pembelajaran melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada SMK/MAK terkait (3) saran pengembang produk lebih lanjut tidak terbatas pada mata pelajaran Simulasi Komunikasi Digital saja dapat mengembangkan penilaian hasil belajar yang tidak hanya terfokus pada ranah kognitif serta dapat menambah bentuk soal esai dan analisis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29323

Actions (login required)

View Item View Item