Pengembangan media pembelajaran power point berbasis science approach pada mata pelajaran Kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar) / Wiwin Windarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran power point berbasis science approach pada mata pelajaran Kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar) / Wiwin Windarti

Windarti, Wiwin (2018) Pengembangan media pembelajaran power point berbasis science approach pada mata pelajaran Kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMKN 2 Blitar) / Wiwin Windarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Windarti Wiwin. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Scientific Approach Pada Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lulu Nurul Istanti S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Media pembelajaran power point scientific approach hasil belajar. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMK Negeri 2 Blitar khususnya pada mata pelajaran Kearsipan di jurusan AP terdapat beberapa permasalahan yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Masalahnya yaitu pada saat proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa masih cenderung pasif. Selain itu media yang ada tidak dimanfaatkan dengan baik hal ini mengakibatkan perhatian siswa saat pembelajaran berlangsung sangat lemah dan pada akhirnya berpengaruh buruk pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) memenuhi kebutuhan media pembelajaran di SMK Negeri 2 Blitar (2) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Power Point sebagai sarana pembelajaran pada mata pelajaran Kearsipan (3) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X AP di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 2 Blitar ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model research and development Borg Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain (6) Ujicoba produk (7) Revisi produk (8) Ujicoba pemakaian (9) Revisi produk (10) Produksi masal. Berdasarkan hasil penilaian dari ahli media ahli materi dan ujicoba kelompok kecil media pembelajaran telah memenuhi kriteria valid dan layak digunakan serta media pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar yang dapat dilihat dari perbandingan peningkatan nilai antara kelas eksperimen dan kelas control. Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian tentang pengembangan media baik visual audio maupun audio visual pada pengajaran mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lainnya di tempat yang berbeda untuk mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29322

Actions (login required)

View Item View Item