Pengaruh Penggunaan Smartphone, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelas XI SMK PGRI 2 Malang / Arika Lady Asifa - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Penggunaan Smartphone, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelas XI SMK PGRI 2 Malang / Arika Lady Asifa

Asifa, Arika Lady (2018) Pengaruh Penggunaan Smartphone, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Belajar, dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelas XI SMK PGRI 2 Malang / Arika Lady Asifa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asifa A. L. 2018. Pengaruh Penggunaan Smartphone Lingkungan Teman Sebaya Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelas XI SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci smartphone teman sebaya minat belajar perhatian orang tua hasil belajar Pendidikan adalah upaya untuk mengembangkan kemampuan peserta didik serta membentuk kepribadian peserta didik menjadi lebih baik. Pendidikan formal tentu diperlukan peran guru untuk mengajar dan membimbing peserta didik dalam memberikan materi yang akan diajarkan menurut jenjang pendidikan yang ditempuh pada masing-masing peserta didik. Dalam proses pembelajaran terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik mata pelajaran produktif seperti penggunaan smartphone lingkungan teman sebaya minat belajar dan perhatian orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi penggunaan smartphone lingkungan teman sebaya minat belajar perhatian orang tua dan hasil belajar (2) Pengaruh penggunaan smartphone lingkungan teman sebaya minat belajar dan perhatian orang tua secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik (3) Pengaruh dominan penggunaan smartphone lingkungan teman sebaya minat belajar dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan smartphone (X1) lingkungan teman sebaya (X2) minat belajar (X3) perhatian orang tua (X4) dan variabel terikat adalah hasil belajar (Y). Populasi adalah peserta didik kelas XI di SMK PGRI 2 Malang yang berjumlah 180 peserta didik. Berdasarkan rumus Isacc dan Michael diperoleh sampel 123 peserta didik. Teknik sampling menggunakan teknik proportionate random sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) kuesioner (2) wawancara (3) dokumentasi dan (4) observasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan memberikan kuesioner kepada 30 responden di luar sampel yaitu peserta didik kelas XI di SMK PGRI 2 Malang. Hasil dari uji validitas dan uji reliabilitas setelah dilakukan dua kali try out menunjukkan bahwa variabel penggunaan smartphone (X1) tidak reliabel dan peneliti menghapus variabel penggunaan smartphone (X1) sehingga pada penelitian ini terdapat tiga variabel yaitu lingkungan teman sebaya (X2) minat belajar (X3) dan perhatian orang tua (X4). Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) lingkungan teman sebaya dalam klasifikasi baik (2) minat belajar dalam klasifikasi baik (3) perhatian orang tua dalam klasifikasi sangat baik dan (4) hasil belajar peserta ii didik menunjukkan klasifikasi nilai baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) Uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas (2) Uji multikolinearitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas (3) Uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas Perhitungan uji t diketahui bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar peserta didik (2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik (3) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 065 dapat dikatakan variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 6 5% sisanya sebesar 93 5% dapat dipengaruhi variabel lain seperti faktor kesehatan kesiapan kelelahan waktu belajar bakat motif latar belakang kebudayaan metode pembelajaran disiplin sekolah dan metode belajar. Variabel dominan yang mempengaruhi hasil belajar adalah lingkungan teman sebaya sebesar 5 8%. Peneliti menyarankan (1) Bagi kepala sekolah sebaiknya dapat membangun lingkungan sekolah yang lebih baik dengan cara seperti memberikan fasilitas bermain dan belajar untuk peserta didik di luar jam sekolah selain adanya ekstrakurikuler (2) Bagi guru diharapkan dapat memanfaatkan interaksi sosial yang terjadi dalam pergaulan kelompok teman sebaya untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam belajar sebagai upaya peningkatan hasil belajar (3) Bagi para peserta didik sebaiknya dapat memilih teman sebaya yang mempunyai pengaruh yang positif terhadap dirinya dan (4) Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang diduga mempengaruhi hasil belajar peserta didik selain lingkungan teman sebaya minat belajar dan perhatian orang tua. Misalnya faktor kesehatan kesiapan kelelahan waktu belajar bakat motif latar belakang kebudayaan metode pembelajaran disiplin sekolah dan metode belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29320

Actions (login required)

View Item View Item