Mindfulness parenting sebagai prediktor terjadinya stres pengasuhan pada orangtua / Alfina Nur Azri</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Mindfulness parenting sebagai prediktor terjadinya stres pengasuhan pada orangtua / Alfina Nur Azri</p>

Azri, Alfina Nur (2023) Mindfulness parenting sebagai prediktor terjadinya stres pengasuhan pada orangtua / Alfina Nur Azri</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Orang tua di era saat ini dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam pola pengasuhan Hal ini karena adanya perbedaan karakteristik anak dan lingkungan yang berubah seiring berjalanya zaman. Tantangan yang dihadapi oleh orangtua ini dapat menimbulkan stres pengasuhan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah konsep Mindfulness Parenting dapat digunakan untuk memprediksi terjadinya stres pengasuhan pada orangtua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model korelasi prediksi. Terdapat 227 responden yang digunakan dalam penelitian ini dengan karakteristik orangtua yang berada di Kota Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan dua skala likert yaitu skala Mindfulness in Parenting Questionnaire (MIPQ) sebanyak 28 item dengan koefisien reliabilitas 0 925 dan skala Parenting Stress Scale (PSS) sebanyak 14 item dengan koefisien reliabilitas 0 731 yang mengartika bahwa kedua skala tersebut reliabel. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil regresi linier menunjukan bahwa Mindfulness Parenting dapat memprediksi terjadinya stress pengasuhan orangtua (R square 0 205 p 0 000 0 05). Sehingga dapat dinyatakan bahwa Mindfulness Parenting dapat digunakan untuk memprediksi terjadinya stres pengasuhan pada orangtua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293195

Actions (login required)

View Item View Item