Pengaruh sikap, percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif (studi pada siswa kelas XI dan XII kelompok Bidang Keahlian Bisnis dan Manajamen SMK Negeri 2 Kediri) / Desy Ratna Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh sikap, percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif (studi pada siswa kelas XI dan XII kelompok Bidang Keahlian Bisnis dan Manajamen SMK Negeri 2 Kediri) / Desy Ratna Hidayat

Hidayat, Desy Ratna (2018) Pengaruh sikap, percaya diri, disiplin, dan tanggung jawab terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif (studi pada siswa kelas XI dan XII kelompok Bidang Keahlian Bisnis dan Manajamen SMK Negeri 2 Kediri) / Desy Ratna Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Hidayat Desy. Ratna. 2018. Pengaruh Sikap Percaya Diri Disiplin dan Tanggung Jawab Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif (Studi pada Siswa Kelas XI dan XII Kelompok Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci sikap percaya diri disiplin tanggung jawab hasil belajar Pembangunan karakter menjadi suatu keharusan karena pendidikan tidak hanya menjadikan siswa menjadi cerdas akan tetapi juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun. Dengan adanya pengimplementasian dari guru tentang pembangunan karakter pada siswa secara tidak langsung siswa akan terbiasa mengikuti apa yang telah diterapkan oleh guru. Tujuan penelitian (1) Deskripsi sikap percaya diri disiplin dan tanggung jawab (2) Pengaruh sikap percaya diri disiplin dan tanggung jawab secara parsial terhadap hasil belajar siswa (3) Pengaruh dominan sikap percaya diri disiplin dan tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah sikap (X1) percaya diri (X2) disiplin (X3) dan tanggung jawab (X4) dan variabel terikat adalah hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII di SMK Negeri 2 Kediri kelompok bidang keahlian Bisnis dan Manajemen berjumlah 955 siswa. Berdasarkan rumus Isaac dan Michael diperoleh sampel 274 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik proportionate random sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban yaitu sangat setuju setuju cukup setuju tidak setuju dan sangat tidak setuju. Jenis skala ini adalah skala ordinal yang dinaikkan menjadi data interval melalui MSI (Method of Successive Interval). Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder yang diperoleh dari guru tentang nilai siswa pada rapor semester gasal tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) kuesioner (2) wawancara (3) dokumentasi dan (4) observasi. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan memberikan kuesioner kepada 30 responden di luar sampel siswa kelas XI dan XII di SMK Negeri 2 Kediri kelompok bidang keahlian Bisnis dan Manajemen. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Sebelum dilakukan analisis regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa (1) variabel sikap dalam klasifikasi baik (2) variabel percaya diri dalam klasifikasi sangat baik (3) variabel disiplin dalam klasifikasi baik (4) variabel tanggung jawab dalam klasifikasi baik dan (5) hasil belajar siswa menunjukkan klasifikasi nilai baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi memenuhi asumsi normalitas terlihat dari titik-titik menyebar di sekitar dan mengikuti garis diagonal pada gambar Normal P-P Plot of Regression Standarized Residual (2) model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas yang terlihat pada nilai VIF 8804 10 dan ii mempunyai angka Tolerance 8805 0 10 (3) Uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas terlihat pada grafik scatterplot yang tidak membentuk suatu pola tertentu dan menyebar. Perhitungan uji t diketahui bahwa (1) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap terhadap hasil belajar siswa (2) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara percaya diri terhadap hasil belajar siswa (3) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin terhadap hasil belajar siswa (4) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tanggung jawab terhadap hasil belajar siswa. Nilai Adjusted R Square sebesar 0 005 berati 0 5% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh variabel sikap percaya diri disiplin dan tanggung jawab sisanya sebesar 99 5% diduga dapat dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini seperti faktor kesehatan intelegensi perhatian minat bakat motif kematangan kesiapan cara orang tua mendidik keadaan ekonomi keluarga teman bergaul waktu sekolah metode belajar dan mass media. Variabel dominan yang mempengaruhi hasil belajar adalah tanggung jawab sebesar 17 26%. Peneliti menyarankan (1) bagi guru sebagai tenaga pendidik agar lebih dapat menumbuhkan tanggung jawab yang baik kepada siswa agar dapat menjadi pribadi yang baik serta dalam upaya meningkatkan tanggung jawab diri siswa pihak sekolah melalui kepala sekolah dan guru diharapkan dapat meningkatkan tanggung jawab siswa sebagai pelajar melalui kegiatan yang positif dengan mengikuti kegiatan ekstrakulikuler wajib di sekolah yang dapat membangitkan rasa tangung jawab siswa (2) bagi para siswa sebaiknya selalu bertanggung jawab dalam belajar dengan cara mengumpulkan tugas tepat waktu memperhatikan guru ketika sedang mengajar membuang sampah pada tempatnya bertanggung jawab pada piket kelas dan menjaga lingkungan sekolah. Dengan memperhatikan tentang pentingnya sikap tanggung jawab yang baik di sekolah sehingga dapat memberikan pengaruh yang positif pada siswa terutama pada hasil belajar siswa dan (3) peneliti selanjutnya yang berminat pada masalah yang relatif sama dengan kajian ini dapat menjadi informasi dan kontribusi sehingga dapat melakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi hasil belajar mata pelajaran produktif siswa selain sikap percaya diri disiplin dan tanggung jawab. Misalnya keluarga orang tua teman lingkungan motivasi bakat minat kesiapan faktor kesehatan faktor kelelahan waktu belajar cara mengajar guru mass media dan tugas rumah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29319

Actions (login required)

View Item View Item