Pengaruh Konsep Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelompok Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kelas XII SMK Negeri 2 Blitar / Meria Rohmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Konsep Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelompok Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kelas XII SMK Negeri 2 Blitar / Meria Rohmawati

Rohmawati, Meria (2018) Pengaruh Konsep Diri, Lingkungan Keluarga, Minat Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelompok Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kelas XII SMK Negeri 2 Blitar / Meria Rohmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rohmawati M. 2018. Pengaruh Konsep Diri Lingkungan Keluarga Minat Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Produktif Kelompok Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen Kelas XII SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Gatot Isnani M.Si. Kata Kunci konsep diri lingkungan keluarga minat belajar kemandirian belajar hasil belajar Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan merupakan hal yang mutlak untuk dikembangkan bagi negara yang sedang berkembang seperti Indonesia. Sumber daya manusia yang berkualitas akan mampu meningkatkan kekuatan negara dalam segala bidang terutama pada bidang perekonomian agar mampu memperbaiki kondisi perekonomian di Indonesia saat ini. Pendidikan diharapkan mampu merubah pola pikir manusia tidak hanya dalam pencapaian kognitif namun juga mencapai aspek afektif dan psikomotorik sehingga dapat berguna bagi dirinya maupun masyarakat bangsa dan negara. Dalam proses perkembangan anak dan untuk menunjang proses belajar terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran produktif seperti pengaruh konsep diri lingkungan keluarga minat belajar dan kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi variabel konsep diri lingkungan keluarga minat belajar kemandirian belajar dan hasil belajar (2) Pengaruh variabel konsep diri lingkungan keluarga minat belajar dan kemandirian belajar secara parsial terhadap hasil belajar peserta didik (3) Mengetahui variabel mana diantara variabel konsep diri lingkungan keluarga minat belajar dan kemandirian belajar yang memiliki pengaruh dominan terhadap hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berdasarkan pendekatan yang bersifat deskriptif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah konsep diri (X1) lingkungan keluarga (X2) minat belajar (X3) kemandirian belajar (X4) dan variabel terikat adalah hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 400 peserta didik. Berdasarkan rumus Isacc dan Michael diperoleh sampel 196 peserta didik. Teknik sampling menggunakan teknik proportionate random sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert dengan 5 opsi jawaban. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) kuesioner dan (2) dokumentasi. Uji kelayakan instrumen dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis data deskriptif dan analisis regresi liniear berganda. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yaitu (1) Uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas (2) Uji multikolinearitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas (3) Uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Hasil analisis deskriptif berdasarkan rata-rata skor tiap variabel dengan skor rentang 1 sampai 5 menunjukkan bahwa (1) konsep diri peserta didik dengan ii skor 4 yang termasuk dalam klasifikasi baik (2) lingkungan keluarga dengan skor 4 yang termasuk dalam klasifikasi baik (3) minat belajar dengan skor 4 yang termasuk dalam klasifikasi baik (4) kemandirian belajar dengan skor 4 yang termasuk dalam klasifikasi baik dan (5) hasil belajar peserta didik menunjukkan klasifikasi nilai baik dengan skor 4. Perhitungan uji t diketahui bahwa (1) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan hasil belajar peserta didik (2) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar peserta didik (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik (4) tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil analisis inferensial dapat disimpulkan bahwa secara parsial konsep diri dan kemandirian belajar tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Sedangkan lingkungan keluarga dan minat belajar memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap hasil belajar. Variabel dominan yang mempengaruhi hasil belajar adalah minat belajar. Peneliti menyarankan (1) dalam upaya meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran diharapkan pihak sekolah melalui guru sebaiknya memiliki kedekatan hubungan dengan peserta didik baik di dalam maupun di luar sekolah (2) bagi peserta didik sebaiknya meningkatkan Peserta didik sebaiknya dalam meningkatkan minat belajar lebih memperhatikan metode yang digunakan guru dalam mengajar akan membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan tidak menganggap bahwa belajar merupakan hal yang membosankan agar hasil belajar lebih maksimal dan (3) bagi peneliti selanjutnya sebaiknya perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik selain dari konsep diri lingkungan belajar minat belajar dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29318

Actions (login required)

View Item View Item