Fenomenologi: gambaran harapan (hope) pada individu dengan diagnosis bipolar disorder type ii / Widi Annisa Kurniadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Fenomenologi: gambaran harapan (hope) pada individu dengan diagnosis bipolar disorder type ii / Widi Annisa Kurniadi

Kurniadi, Widi Annisa Kurniadi (2023) Fenomenologi: gambaran harapan (hope) pada individu dengan diagnosis bipolar disorder type ii / Widi Annisa Kurniadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Harapan merupakan kognisi positif yang didasari oleh tekad dan perencanaan dalam mencapai tujuan tertentu dimana tekad serta perencanaan tersebut berorientasi pada tujuan yang berhasil. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 3 orang wanita dewasa berusia 18 26 dan 35 tahun dengan diagnosis bipolar disorder type II dipilih secara purposive. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur secara mendalam dan dokumentasi pribadi dari partisipan yang berkaitan dengan gambaran harapan (hope). Hasil penelitian ini ditemukan bahwa goal berupa hasil yang penting untuk dicapai maupun berupa pengalaman untuk menerima diri mindful maupun menjadi individu yang bermanfaat bagi orang lain. Dorongan atau willpower yang dimiliki oleh partisipan dapat berasal dari dalam diri mereka berupa kesadaran mengenai kondisi mereka namun ketika menghadapi hambatan willpower tersebut juga muncul karena adanya kondisi eksternal dari keberadaan orang-orang berharga maupun kalimat motivasi. Dukungan sosial merupakan bagian penting dalam menjaga willpower partisipan sehingga mereka dapat mempertahankan dorongan untuk berprogres mencapai tujuan. Ketiga partisipan juga memiliki waypower dalam mencapai goalnya waypower tersebut tidak hanya berupa terapi berasama Psikiater tapi juga berupa rutinitas seperti sehari-hari seperti bekerja maupun sekedar menyiapkan menu masakan dan ada pula waypower berupa sarana untuk melepaskan perasaan dan pikirannya seperti menulis dimana hal ini menjadi cara mengatasi atau mencegah kekambuhan yang dapat menghambat pencapaian goal mereka.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293172

Actions (login required)

View Item View Item