Pengembangan modul administrasi umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Wuri Purbaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Wuri Purbaningsih

Purbaningsih, Wuri (2018) Pengembangan modul administrasi umum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Wuri Purbaningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Purbaningsih Wuri. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Umum Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang Pembimbing Lulu Nurul Istanti S.E. M.M. Ak. Kata Kunci Modul pembelajaran guided inquiry hasil belajar. Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh minimnya bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 2 Kediri. Siswa merasa kesulitan dalam mempelajari materi yang akan datang. Proses pembelajaran di kelas sebagian besar digunakan untuk mencatat materi yang diberikan oleh guru di papan tulis. Selain itu siswa belum mampu berpikir secara kritis dan analistis karena kurangnya kegiatan belajar yang melatih mereka untuk belajar secara mandiri. Atas dasar pertimbangan tersebut dilakukanlah penelitian pengembangan modul pada mata pelajaran Administrasi Umum. Tujuan Penelitian ini adalah (1) menghasilkan modul Administrasi Umum dengan model Guided Inquiry pada kompetensi dasar Menerapkan Penataan Surat/Dokumen pada siswa kelas X OTKP 2 (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi oleh ahli modul dan ahli materi (3) mengukur perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modul Administrasi Umum berbasis Guided Inquiry dalam proses pembelajaran dan siswa yang tidak menggunakan modul Administrasi Umum berbasis Guided Inquiry dalam proses pembelajaran. Rancangan model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model 4D Thiagarajan. Validasi modul dilakukan oleh ahli modul dan ahli materi. Setelahnya modul diuji cobakan pada kelompok kecil. Produk yang dihasilkan berupa modul Administasi Umum berbasis Guided Inquiry untuk kelas X OTKP. Berdasarkan angket validasi modul diperoleh data bahwa modul yang dihasilkan sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Perbandingan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Selisih angka kenaikan dari rata-rata nilai pre test dan rata- rata nilai post test pada kelas eksperiman juga lebih tinggi dibanding kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul Administrasi Umum Berbasis Guided Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk pengembangan modul lebih lanjut diharapkan siswa menggunakan modul Administrasi Umum berbasis Guided Inquiry agar dapat mengembangkan kemampuan berpikir secara kritis dan analistis. Selain itu diharapkan pada sekolah yang memiliki kurikulum yang sama yaitu kurikulum 2013 revisi 2017 dapat menggunakan modul tersebut. Selanjutnya peneliti lain dapat mengembangkan modul pada kompetensi dasar selanjutnya atau pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29317

Actions (login required)

View Item View Item