Hubungan antara kelekatan orangtua-anak dan kemandirian pada siswa 3 sma negeri di kota malang / Bella Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara kelekatan orangtua-anak dan kemandirian pada siswa 3 sma negeri di kota malang / Bella Amalia

Amalia, Bella Amalia (2023) Hubungan antara kelekatan orangtua-anak dan kemandirian pada siswa 3 sma negeri di kota malang / Bella Amalia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemandirian menandakan tercapainya otonomi bagi remaja. Namun sayangnya fakta dilapangan menunjukan tidak semua remja mampu untuk berperilaku secara mandiri remaja seringkali menunjukan bahwa dirinya belum mampu untuk memahami nilai benar salah mempertimbangkan dan bertanggung jawab atas perilakunya. Usaha yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemandirian pada anak remaja yaitu meningkatkan kualitas kelekatan antara orangtua dan anak. Interaksi-interaksi yang terjadi dalam membangun kelekatan orangtua-anak dapat mendukung remaja menjadi individu yang lebih mandiri remaja akan menunjukan sikap-sikap positif dalam membangun kemandiriannya. Karena itu penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kelekatan orangtua-anak dan kemandirian pada siswa 3 SMA Negeri di Kota Malang. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Subjek dari penelitian ini yaitu 197 siswa tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kota Malang. Kedua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala milik Faradhilla dan Faradina (2016). Skala Kelekatan sejumlah 25 item dengan alpha 0 902 dan skala Kemandrian sejumlah 21 item alpha 0 888. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukan koefisien korelasi (r) 0 278 ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kelekatan orangtua-anak dan kemandirian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293167

Actions (login required)

View Item View Item