Irianti, Tri (2018) Pengembangan Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ( Studi Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang) / Tri Irianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irianti Tri. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa ( Studi Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd .M.M. Kata Kunci Modul Discovery Learning dan Hasil Belajar. Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh adanya keterbatasan bahan ajar sesuai dengan kurikulum 2013. Saat ini bahan ajar yang berada di SMKN 1 Malang hanya sebatas menampilkan materi dan dengan model pembelajaran hanya dengan ceramah dan Tanya jawab sehingga bahan ajar yang digunakan belum mampu mendorong peserta didik untuk aktif memperoleh pengetahuannya sendiri sesuai dengan konsep pembelajaran saintifik approach. Penggunaan tekhnologi dalam kegiatan pembelajaran masih belum digunakan padahal pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013 disarankan adanya pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan mengetahui kelayakan dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis Discovery Learning dengan peserta didik yang tidak menggunakan modul Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis Discovery Learning. Produk yang dihasilkan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan. Kompetensi dasar yang digunakan Mengidentifikasi Kegiatan Internal/Eksternal Humas. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode 4D yang terdiri dari 4 Tahap yaitu (1) Pendefinisian (Define) (2) Perancangan (Design) (3) Pengembangan (Develop) (4) Penyebaran (Disseminate). Subjek dari penelitian dan pengembangan ini adalah ahli modul ahli materi dan peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran di SMKN 1 Malang. Hasil rata-rata validasi ahli modul sebesar 94 8% ahli materi 1 sebesar 92 3% ahli materi 2 sebesar 92 5% dan peserta didik 88 1%. Rata-rata ketiga dari semua validasi tersebut sebesar 91 9% hasil validasi Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan sangat valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Modul yang dihasilkan dinyatakan efektif digunakan dan meningkatkan hasil belajar dengan selisih 10 4% perbedaan hasil belajar sebesar 90 42% pada kelas yang menggunakan Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis Discovery Learning dan hasil belajar sebesar 80 02 pada kelas yang tidak menggunakan Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29315 |
Actions (login required)
View Item |