Pengembangan modul kearsipan dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Lamongan) / Rosida Awwalul Karomah

Karomah, Rosida Awwalul (2018) Pengembangan modul kearsipan dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Lamongan) / Rosida Awwalul Karomah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Karomah Rosida Awwalul. Pengembangan Modul Kearsipan dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Lamongan). Skripsi Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agus Hermawan M.Si. GradDipMgt. MBus. Kata Kunci modul demonstrasi aktivitas hasil belajar Pelaksanaan kurikulum 2013 revisi akan berjalan dengan maksimal jika didukung oleh sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran. Salah satu sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran peserta didik yaitu modul pembelajaran. Dengan adanya pengembangan modul diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas X program keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada kompetensi dasar Menerapkan Penyimpanan Arsip Sistem Abjad Kronologis Geografis Nomor dan Subjek. Pengembangan modul ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) menghasilkan modul Kearsipan dengan metode demonstrasi pada kompetensi dasar Menerapkan Penyimpanan Arsip pada peserta didik kelas X kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (2) untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi dan (3) untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan modul dan yang tidak menggunakan modul Kearsipan dengan metode demonstrasi. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Dick Carrey dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan kebutuhan modul serta keterbatasan waktu yang diberikan oleh sekolah yaitu (1) tahap pendahuluan (2) tahap pengembangan dan (3) tahap uji coba. Validasi modul dilakukan oleh dosen Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang validasi ahli materi dilakukan oleh guru mata pelajaran Kearsipan SMK Negeri 1 Lamongan dan 6 peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Lamongan. Jenis data yang terdapat dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara kritik dan saran dari validator ahli modul ahli materi serta kelompok kecil yang terdapat pada lembar validasi. Data kuantitatif diperoleh dari perhitungan skor pada angket yang diberikan validator serta hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur efektifitas modul dengan menggunakan uji validitas modul untuk mengukur aktivitas peserta didik menggunakan analisis aktivitas sedangkan untuk mengukur perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan Independent Sample t test. Berdasarkan penilaian dari validitas ahli dan kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata sebesar ahli modul 80 00% ahli materi 91 30% dan kelompok kecil 92 30% yang dapat disimpulkan bahwa modul Kearsipan Menerapkan Sistem Penyimpanan Arsip dengan metode Demonstrasi sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Kearsipan. Data hasil aktivitas kelas kontrol pada pertemuan pertama sebesar 76 86% ii aktivitas eksperimen sebesar 78 63% yang menujukan persentase aktivitas pada pertemuan pertama kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada kriteria rentang aktif. Sedangkan pada pertemuan kedua aktivitas kelas kontrol sebesar 78.82% yang menunjukan kriteria aktif dan kelas eksperimen sebesar 86 37% yang menunjukan rentang kriteria sangat aktif. Data hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 78 85 dengan standar devisi 13 872 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 63 82 dengan standar devisi 14 196 yang artinya nilai peserta didik kelas eksperimen kurang bervariasi daripada kelas kontrol. Analisis uji t menunjukan bahwa nilai thitung ttabel (4 415 1 996) dengan probabilitas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29314

Actions (login required)

View Item View Item