Pengembangan modul administrasi humas dan keprotokolan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang) / Lia Dewi Maulita

Maulita, Lia Dewi (2018) Pengembangan modul administrasi humas dan keprotokolan berbasis guided inquiry untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas XI APK di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang) / Lia Dewi Maulita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maulita, Lia Dewi. 2018. Pengembangan Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini, M.Pd Kata Kunci: penelitian pengembangan, modul, guided inquiry, hasil belajar Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh beberapa hal (1) guru masih menggunakan bahan ajar berbasis KTSP dalam pembelajaran, (2) hasil belajar peserta didik yang masih belum optimal. Peneliti mengembangkan modul pembelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Guided Inquiry untuk peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari Kabupaten Malang. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Menghasilkan bahan ajar berupa Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Guided Inquiry, (2) Mengetahui kelayakan Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Guided Inquiry, dan (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik melalui kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian Borg and Gall dengan langkah-langkah yang telah dimodifikasi oleh peneliti menjadi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk atau penyusunan produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji kelompok kecil, (7) penyempurnaan produk, dan (8) uji kelompok besar. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli modul, ahli materi, dan uji kelompok kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Guided Inquiry pada kompetensi dasar Mendeskripsikan Pengertian Pertemuan/Rapat dan Menjelaskan Teknik Penyelenggaran Rapat. Berdasarkan penilaian dari validator diperoleh rata-rata sebesar 90,78 yang berarti modul sangat valid digunakan. Perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 85,63 dan 82,28. Hasil analisis menggunakan uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0,046. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0,05. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian dan pengembangan ini adalah Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Guided Inquiry dapat dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Bagi guru Administrasi Humas dan Keprotokolan disarankan untuk menggunakan modul sebagai pendukung kegiatan pembelajaran dan mendalami materi yang terdapat dalam modul. Sedangkan bagi peserta didik, sebaiknya mempelajari modul sebelum melaksanakan pembelajaran agar memahami langkah-langkah yang ada dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29313

Actions (login required)

View Item View Item