Penerapan model pembelajaran kooperatif debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan (studi pada siwa kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dinar Prihatin Ningrat

Ningrat, Dinar Prihatin (2018) Penerapan model pembelajaran kooperatif debat untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan (studi pada siwa kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Pasuruan) / Dinar Prihatin Ningrat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Ningrat, D. P. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran 2 Di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini, M.Pd. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif debat, keterampilan berbicara, dan hasil belajar. Hasil dari observasi yang dilakukan di sekolah SMK Negeri 1 Pasuruan pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI APK 2 diketahui guru cenderung masih menerapkan komunikasi satu arah atau menerapkan metode konvensional (ceramah) memberikan materi ke siswa, sehingga guru lebih dominan dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa memberikan timbal balik atau respon mengenai apa yang telah disampaikan guru. Pada saat kegiatan diskusi mengenai materi mengidentifikasi kegiatan internal atau eksternal public relation yang dilakukan oleh siswa juga cenderung didominasi oleh siswa tertentu saja, sedangkan siswa yang lain lebih memilih diam dan kurang aktif, mereka masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan gagasan, ide, pikiran, perasaan, bantahan, persetujuan, maupun pendapatnya saat berdiskusi, dan pada saat ulangan harian dilakukan sehinga rata-rata hasil belajar siswa masih banyak yang di bawah KKM. Melihat permasalahan yang terjadi maka peneliti memiliki solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Debat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif Debat pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Pasuruan. (2) keterampilan berbicara siswa setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif Debat pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Pasuruan. (3) hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif Debat pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Pasuruan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan model pembelajaran Kooperatif Debat meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa. Persentase keberhasilan ranah psikomotorik siswa pada siklus I mencapai 69,56% dengan kriteria baik dan meningkat menjadi 85,56% pada siklus II dengan criteria sangat baik. Persentase keberhasilan hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I mengalami peningkatan dari 66,31% dengan kriteria cukup menjadi 77,87% dengan kriteria baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif Debat dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa kelas XI APK 2 SMK Negeri 1 Pasuruan pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan dengan Kompetensi Dasar mengidentifikasi kegiatan ii internal atau eksternal public relation. Saran dari penelitian ini adalah guru dianjurkan untuk menerapkan model pembelajaran Kooperatif Debat untuk mengatasi kejenuhan siswa saat proses pembelajaran sedang berlangsung, sehingga dapat membuat siswa lebih aktif dan berani dalam mengeluarkan pendapat, ide, atau gagasan siswa ketingkat yang lebih baik. Selain itu saran bagi peneliti selanjutnya, model pembelajaran yang sudah diterapkan oleh peneliti dapat digunakan sebagai informasi untuk menggunakan penelitian sejenis dalam lingkup yang lebih luas serta lebih memperhatikan literatur model pembelajaran, pemahaman konsep awal pembelajaran Kooperatif Debat, pembagian kelompok atas dan kelompok bawah pada daya pembeda soal menggunakan nilai rapot untuk menghindari bias nilai dan skala Likert menggunakan 5 (lima) respond. Sehingga penelitian sejenis yang dilakukan dapat menjadi penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29312

Actions (login required)

View Item View Item