Pengembangan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 untuk meningkatkan hasil belajar / Siti Nur Maslichah

Maslichah, Siti Nur (2018) Pengembangan media pembelajaran berbasis Ispring Suite 8 untuk meningkatkan hasil belajar / Siti Nur Maslichah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Maslichah,Siti Nur. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ispring Suite 8 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr.H.Suharto, S.M., M.Pd., M.M. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Ispring Suite 8, Pengantar Administrasi Perkantoran, Hasil Belajar. Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan dan wawancara dengan guru mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran diperoleh informasi bahwa belum ada variasi penggunaan media dalam pembelajaran. Banyak guru masih menggunakan buku/modul dan media papan tulis dalam menyampaikan materi pembelajaran,sedangkan fasilitas sekolah seperti LCD dan speaker belum digunakan secara maksimal, sehingga pembelajaran tidak menarik, cenderung monoton, dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis iSpring Suite 8 mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran di SMKN 1 Malang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Metode pengembangan yang digunakan adalah metode 4D dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi pendefinisian, perancangan,pengembangan dan penyebaran.Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis iSpring Suite 8 yang dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) . Hasil dari penelitian pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah media berbasis ispring suite 8 yang berupa file flash yang mana terdapat berbagai fitur seperti animasi, video, gambar yang dapat menarik perhatian siswa dalam belajar. Media yang dihasilkan telah divalidasi oleh para ahli diantaranya ahli media dan ahli materi. Dari hasil validasi media pembelajran berbasis ispring suite 8 dinyatakan layak/dapat digunakan. Sedangkan dalam uji coba kelompok besar, data menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dari sebelum menggunakan media dengan sesudah menggunakan media mengalami peningkatan yang signifikan sehigga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran untuk guru yang dapat disampaikan yaitu: (1) penggunaan media dapat dilaksanakan di laboratorium komputer atau dalam kelas yang terdapat fasilitas seperti LCD dan proyektor (2) dalam pengoperasian media, pengguna diharapkan membaca intruksi terlebih dahulu agar lebih mudah dalam menjalakan media Saran untuk pengembang selanjutnya yang dapat disampaikan yaitu: (1) penggunaan media dapat dikembangkan lagi sehingga bisa dioperasikan pada smartphone(2) peneliti selanjutnya diharapkan mempunyai kreatifitas dalam desain yang lebih baik agar media yang dihasilkan lebih menarik. ii ABSTRACT Maslichah, Siti Nur. 2018. Development of Ispring Suite-Based Learning Media 8 To Improve Learning Outcomes. Thesis, Department of Management, Faculty of Economics, State University of Malang. Advisor Dr.H.Suharto, S.M., M.Pd., M.M. Keywords: Learning Media, Ispring Suite 8, Introduction to Office Administration, Learning Outcomes. Learning media is one of the factors that have an important influence in the learning process. Based on the results of preliminary research and interviews with subject teachers introductory administration office obtained information that there is no variation in the use of media in learning. Many teachers still use books/ modules and whiteboard media to deliver learning materials, while school facilities such as LCDs and speakers have not been used optimally, making learning unattractive, monotonous, and make bored. This research aims to determine whether the learning media based on iSpring Suite 8 introductory subjects of office administration in SMKN 1 Malang can improve student learning outcomes. The development method used is 4D method of Thiagarajan, Semmel and Semmel. Research and development steps include defining, designing, developing and disseminating. The result of this research is iSpring Suite 8 based learning media packed in CD (Compact Disk). The results of research development conducted by researchers based media is ispring suite 8 in the form of flash files which there are various features such as animation, video, images that can attract students' attention in learning. The resulting media has been validated by experts including media experts and material experts. From the validation of the learning media based on ispring suite 8 is declared feasible/usable. While in large group trials, the data indicate that student learning outcomes from before using the media with after using the media has increased significantly so that it can be concluded that the media developed by researchers worthy of use and proven to improve student learning outcomes. Suggestions for teachers that can be submitted are: (1) media usage can be implemented in computer laboratory or in class there are facilities such as LCD and projector (2) in the operation of media, user is expected to read the instruction first to be easier in running media Suggestion for developer then that can be submitted are: (1) the use of media can be developed again so that can be operated on smartphone (2) the next researcher is expected to have creativity in better design so that the resulting media more interesting.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29311

Actions (login required)

View Item View Item