Penerapan model problem based learning dengan metode blended learning berbasis Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum di SMK Cendika Bangsa (studi pada siswa kelas X APK pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kerja/ Dian

Anisca, Dian (2018) Penerapan model problem based learning dengan metode blended learning berbasis Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum di SMK Cendika Bangsa (studi pada siswa kelas X APK pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kerja/ Dian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anisca, Dian. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Metode Blended Learning Berbasis Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Cendika Bangsa (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Tata Ruang Kerja/Kantor (Office Layout)). Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. pembimbing: Lulu Nurul Istansi., S.E., M.M., Ak. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL) , Blended Learning, Edmodo, Hasil Belajar. Hasil belajar yang diperoleh pada setiap siswa berbeda-beda dan banyak faktor yang dapat mempengaruhinya. Diantaranya yaitu penggunaan model dan metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran. Salah satu model dan metode yang dapat digunakan yaitu model problem based learning dan metode blended learning berbasis edmodo. Problem based learning membuat siswa menjadi lebih aktif untuk mencari pengetahuannya sendiri. Dan blended learning berbasis edmodo siswa dapat dengan mudah mencari pengetahuannya sendiri, pembelajaran juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja bila diperlukan. Guru sesama guru, siswa sesama siswa maupun guru dan siswa dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan berbagi data dan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model problem based learning dengan metode blended learning berbasis edmodo pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kerja/kantor kelas X di SMK Cendika Bangsa dan untuk mengetahui penerapan model problem based learning dengan metode blended learning berbasis edmodo apakah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kerja/kantor kelas X di SMK Cendika Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berupa penelitian tindakan kelas. Desain penelitian yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas X APK SMK Cendika Bangsa Kepanjen sebanyak 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Tes yang digunakan berupa tes tulis pilihan ganda yaitu postest, yang diberikan diakhir siklus untuk mengetahui keefektifan tindakan Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model problem based learning dengan metode blended learning berbasis edmodo dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan siswa yang melampaui KKM hanya 10 siswa. Namun setelah penerapan siklus I sebanyak 18 siswa melampaui KKM dan mengalami peningkatan pada siklus II sebanyak 12 siswa menjadi 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan, (1) Pembelajaran untuk diterapkan di sekolah sebagai alternatif untuk memecahkan persoalan pembelajaran yang belum tersampaikan atau membutuhkan jam tambahan, (2) dapat diterapkan guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29310

Actions (login required)

View Item View Item