Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media realia untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas II Sekolah Dasar - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media realia untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas II Sekolah Dasar

Sari, Venny Mustika (2023) Penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media realia untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa Kelas II Sekolah Dasar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas 2 SDN Bareng 4 Malang, dikarenakan rendahnya pemahaman siswa terkait materi yang disampaikan guru.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kontekstual berbantuan media realia pada siswa kelas II SDN Bareng 4 Malang, dan menganalisis peningkatan hasil belajar matematika materi pembagian. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian melibatkan 13 siswa kelas II SDN Bareng 4 Malang, yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa di setiap siklus. Hal ini dilihat melalui indikator sebagai berikut rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan adalah 49,23. Pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata adalah 64,9 dan persentase ketuntasan klasikal 69%. Kemudian terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 89,8 dengan ketuntasan klasikal 100%.Peningkatan hasil belajar terjadi karena adanya aktivitas yang menarik dengan menggunakan media realia sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa aktif dalam pembelajaran, serta berdampak terhadap tingkat minat siswa dalam belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berbantuan media realia mempunyai dampak positif terhadap siswa dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pembagian siswa kelas II SDN Bareng 4 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pendekatan kontekstual, media realia, hasil belajar, pembagian.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:27
Last Modified: 04 Jul 2023 07:27
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2931

Actions (login required)

View Item View Item