Kedai kopi es tak kie dalam jejak wisata kuliner masyarakat pecinan glodok tahun 1927-2016 / Maretha Octaviani Naibaho - Repositori Universitas Negeri Malang

Kedai kopi es tak kie dalam jejak wisata kuliner masyarakat pecinan glodok tahun 1927-2016 / Maretha Octaviani Naibaho

Naibaho, Maretha Octaviani Naibaho (2023) Kedai kopi es tak kie dalam jejak wisata kuliner masyarakat pecinan glodok tahun 1927-2016 / Maretha Octaviani Naibaho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdagang adalah profesi yang digemari oleh etnis Tionghoa sebagai salah satu cara dalam mempertahankan hidup. Kebanyakan dari keturunan Tionghoa berdagang menjual produk barang maupun jasa pada suatu kawasan Pecinan. Salah satu kawasan pecinan Tionghoa di Jakarta yakni Glodok merupakan sebuah kawasan kota tua yang telah ada sejak masa kolonialisme di Hindia Belanda. Di Petak Sembilan Glodok terdapat sebuah kedai kopi bernama ldquo Tak Kie rdquo yang telah berdiri sejak 1927 yang menjual berbagai macam sajian kuliner khas Tionghoa dan kopinya yang terkenal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penulisan sejarah melalui wawancara khusus pada pelaku usaha dan pelanggan serta studi pustaka terhadap skripsi berjudul ldquo Strategi Keberlangsungan Usaha Kedai Kopi Es Tak Kie Di Gang Gloria Glodok Jakarta Barat rdquo karya Roselina Widjaja. Berdasarkan data yang ditemukan dan diinterpretasikan dengan pendekatan kajian sejarah ekonomi penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kedai kopi es tak kie memiliki kesamaan dengan beberapa kedai sejaman yakni dari segi manajemen dan operasinya. Kedai yang telah berdiri selama sembilan dekade ini masih menerapkan cara tradisional dalam manajemen operasi dan promosinya. Tulisan ini berusaha untuk menganalisis perjalanan sembilan dekade Kedai Kopi Es Tak Kie yang silih berganti generasi dan bagaimana dinamika dalam menjalankan usaha dari berbagai zaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293096

Actions (login required)

View Item View Item