Koeksistensi komunitas ingatan indonesia atas konflik indonesia-timor leste 1975-1999 / A'ys Nur A'dillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Koeksistensi komunitas ingatan indonesia atas konflik indonesia-timor leste 1975-1999 / A'ys Nur A'dillah

A'dillah, A'ys Nur A'dillah (2023) Koeksistensi komunitas ingatan indonesia atas konflik indonesia-timor leste 1975-1999 / A'ys Nur A'dillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Artikel ini mengulas ingatan yang bersarang pada literatur yang diproduksi baik oleh pemerintah atau warga sipil Indonesia terkait masa lalu pemerintah Indonesia di Timor Leste. Studi ini juga mengeksplorasi ingatan penduduk Indonesia yang masih memiliki ikatan emosional dengan era konflik di Timor Leste pada 1975-1999. Penelitian ini disusun menggunakan pendekatan kajian politik memori dan sejarah dengan metode pembacaan mendalam terhadap literatur artikel dan arsip. Selain itu juga disusun berdasar kesaksian beberapa penduduk Indonesia yang dekat dan mengalami pengalaman konflik Indonesia-Timor Leste. Penelitian ini menunjukkan bahwa keberagaman ingatan tentang posisi Indonesia di Timor Leste tidak hanya berdiri sendiri atau dipengaruhi oleh unsur politik saja namun juga ada ada kerangka sosial yang mempengaruhinya. Meskipun ingatan saling berbeda alih-alih menjadi oposisi biner yang saling kontradiktoris ingatan tersebut justru berkoeksistensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2023 04:29
Last Modified: 27 Feb 2024 01:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293077

Actions (login required)

View Item View Item