Kesejahteraan di ambang bencana: perkembangan tambang batu bara di kabupaten berau, 1992-2021 / Hurina Afifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesejahteraan di ambang bencana: perkembangan tambang batu bara di kabupaten berau, 1992-2021 / Hurina Afifah

Afifah, Hurina Afifah (2022) Kesejahteraan di ambang bencana: perkembangan tambang batu bara di kabupaten berau, 1992-2021 / Hurina Afifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fenomena maraknya tambang batu bara di Kabupaten Berau dimulai dengan adanya penambangan pertama sejak tahun 1992 di Kecamatan Gunung Tabur. Kesuksesan tambang batu bara di Berau terlihat dari bertambahnya perusahaan tambang batu bara yang dibarengi dengan meningkatnya hasil produksi batu bara dari tahun ke tahun. Tulisan ini bertujuan untuk menarasikan perkembangan penambangan batu bara di Kabupaten Berau beserta perubahan yang menyertai. Melalui pembacaan mendalam terhadap sumber berupa wawancara dengan penduduk sekitar tambang dokumen pemerintah surat kabar peta dan foto yang diperoleh secara online maupun offline. Pendekatan sejarah lingkungan digunakan untuk merepresentasikan kegiatan eksplorasi batu bara di Berau. Penelitian ini membuktikan bahwa keberadaan tambang tersebut membantu masyarakat dengan menyediakan fasilitas umum maupun dukungan pada bidang sosial. Namun kehadiran tambang ilegal yang mulai menjamur memberikan keresahan bagi masyarakat pemerintah dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293076

Actions (login required)

View Item View Item