Penokohan dalam kesenian ketoprak rukun karya, sumenep 1976-2020 / Nadia Rahmadani Putri Leksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penokohan dalam kesenian ketoprak rukun karya, sumenep 1976-2020 / Nadia Rahmadani Putri Leksono

Leksono, Nadia Rahmadani Putri Leksono (2022) Penokohan dalam kesenian ketoprak rukun karya, sumenep 1976-2020 / Nadia Rahmadani Putri Leksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketoprak adalah salah satu kesenian yang terkenal di wilayah Sumenep. Ketoprak Madura memiliki keunikan tertentu salah satunya yaitu pemain laki-laki di dalam penokohannya. Salah satu Ketoprak yang memiliki jam terbang tinggi di Kabupaten Sumenep adalah Rukun Karya yang berdiri pada tahun 1976. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan bahwa perempuan Madura menjadi sesuatu yang sangat dihormati dan tidak memiliki kebebasan di dalam bidang kesenian sehingga tidak diperkenankan untuk bermain dalam Ketoprak Rukun Karya. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari pemilihan topik heuristik kritik interpretasi dan historiografi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penokohan Ketoprak Rukun Karya dilakukan oleh laki-laki untuk tokoh laki-laki maupun tokoh perempuan. Hal ini dipengaruhi oleh budaya lokal Madura yang menganggap bahwa perempuan tidak boleh diekspose dalam pertunjukan umum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293074

Actions (login required)

View Item View Item