Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Sikap Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen / Fauzia Arbi

Arbi, Fauzia (2018) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Sikap Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen / Fauzia Arbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arbi, Fauzia. 2018. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Sikap Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Produktif Kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd. Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Sikap Peserta Didik, Prestasi Belajar Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar peserta didik adalah lingkungan sekolah. Lingkungan sekolah ini merupakan wadah yang dapat membentuk sikap peserta didik. Lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif akan mempengaruhi keinginan peserta didik untuk belajar. Selain lingkungan sekolah, faktor lain yang dapat mempengaruhi keberhasilan belajar adalah sikap peserta didik. Sikap merupakan keadaan dalam diri seseorang yang menggerakkan untuk bertindak atau berbuat sesuatu dengan perasaan tertentu. Sikap positif peserta didik terhadap suatu pelajaran akan mempengaruhi intensitas usaha belajar mereka dalam mencapai prestasi belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi lingkungan sekolah, sikap peserta didik, dan prestasi belajar pada mata pelajaran produktif kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen, (2) pengaruh positif dan signifikan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen, (3) pengaruh positif dan signifikan sikap peserta didik terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran produktif kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK PGRI Turen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas pada penelitian ini adalah lingkungan sekolah (X1) dan sikap peserta didik (X2) dengan variabel terikatnya adalah prestasi belajar (Y). Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sampel yaitu 54 peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang terdiri dari uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji t. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa (1) kondisi lingkungan sekolah diklasifikasikan baik, (2) sikap peserta didik diklasifikasikan baik, (3) prestasi belajar diklasifikasikan baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa (1) model regresi sudah memenuhi asumsi normalitas, (2) model regresi tidak terjadi multikolinearitas, (3) model regresi tidak terjadi heteroskedastisitas. Hasil uji t menunjukkan bahwa (1) lingkungan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, dibuktikan dengan nilai thitung 3,285 > ttabel 2,008 serta nilai signifikansi 0,002 < 0,05, (2) sikap peserta didik berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, dibuktikan dengan nilai thitung 4,852 > ttabel 2,008 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29306

Actions (login required)

View Item View Item