Pengembangan modul korespondensi pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan surat elektronik dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul korespondensi pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan surat elektronik dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK

Setiawan, Fransiska Afandi (2018) Pengembangan modul korespondensi pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan surat elektronik dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v RINGKASAN Setiawan Fransiska Afandi. 2018. Pengembangan Modul Korespondensi pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Surat Elektronik dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief M.Si. Kata Kunci Modul Korespondensi Pendekatan Saintifik Hasil Belajar Penggunaan modul dalam proses pembelajaran merupakan salah satu media dalam penyampaian materi pembelajaran yang dirancang secara sistematis untuk mencapai suatu kompetensi yang diharapkan. Dalam hal ini modul berperan penting dalam proses pembelajaran. Akan tetapi pada kenyataanya materi yang terdapat pada bahan ajar yang digunakan guru Korespondensi di SMK Negeri 2 Kediri masih belum memenuhi keseluruhan materi pokok khususnya pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan surat elektronik yang pada akhirnya tujuan dari pembelajaran tersebut belum maksimal tercapai. Oleh sebab itu tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah (1) menghasilkan suatu produk berupa Modul Korespondensi (2) mengetahui kelayakan modul (3) dan mengetahui perbedaan hasil belajar antara peserta didik kelas eksperimen yang menggunakan modul dengan peserta didik kelas kontrol yang tidak menggunakan modul. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi menjadi 8 (delapan) langkah yaitu (1) potensi masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk dan (8) uji coba pemakaian. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu (1) modul Korespondensi pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Surat Elektronik dengan Pendekatan Saintifik (2) Analisis data yang digunakan untuk mengukur kelayakan dari penggunaan modul yaitu penilaian validasi ahli yaitu ahli teknologi pembelajaran dan ahli materi dan respon peserta didik. Hasil keseluruhan dari validasi ahli memperoleh persentase sebesar 88 5% dengan kategori sangat valid dan respon peserta didik yang dikumpulkan melalui angket subjek uji coba sebesar 90 44% (3) perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol terlihat pada nilai rata-rata hasil belajar. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif sebesar 82 79 dan 74 86. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada ranah psikomotor sebesar 88 38 dan 79 57. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul Korespondensi dengan pendekatan saintifik sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran pemanfaatan bagi guru dapat menggunakan modul Korespondensi dengan Pendekatan Saintifik sebagai referensi ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Saran pemanfaatan bagi peserta didik yaitu dapat menggunakan modul Korespondensi dengan Pendekatan Saintifik sebagai sumber dan panduan belajar baik di dalam maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29305

Actions (login required)

View Item View Item