Pengembangan modul teknologi perkantoran pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan informasi melalui blog dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X OTKP SMK Negeri 2 Kediri) / Endah Kurniawati

Kurniawati, Endah (2018) Pengembangan modul teknologi perkantoran pada kompetensi dasar menerapkan pengelolaan informasi melalui blog dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X OTKP SMK Negeri 2 Kediri) / Endah Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Kurniawati, Endah. 2018. Pengembangan Modul Teknologi Perkantoran Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Informasi Melalui Blog Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. H. Mohammad Arief, M.Si. Kata kunci: Modul, Teknologi Perkantoran, Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar. Modul merupakan salah satu bahan ajar yang memiliki sifat self contained yang artinya dikemas dalam satu kesatuan yang utuh untuk mencapai kompetensi tertentu. Berdasarkan hal tersebut modul berperan penting dalam proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya, untuk mata pelajaran Teknologi Perkantoran pada kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri belum terdapat modul untuk mata pelajaran tersebut khususnya kompetensi dasar Menerapkan Pengelolaan Informasi Melalui Blog. Peneliti kemudian melakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan modul Teknologi Perkantoran yang layak pada kompetensi dasar Menerapkan Pengelolaan Informasi Melalui Blog dengan mengintegrasikan pendekatan saintifik di dalamnya untuk mengingkatkan hasil belajar peserta didik. Sehingga dapat diketahui perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan tujuan tersebut, peneliti mengembangkan modul Teknologi Perkantoran dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 8 (delapan) langkah yaitu (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi produk, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu modul Teknologi Perkantoran pada Kompetensi Dasar Menerapkan Pengelolaan Informasi Melalui Blog dengan pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik yang telah tervalidasi oleh ahli materi dan ahli modul. Hasil validasi yang diperoleh dari ahli materi menunjukkan kategori sangat valid dan ahli modul juga menunjukkan kategori yang sama yaitu sangat valid. Modul juga mendapat respon peserta didik dengan kategori sangat efektif yang dikumpulkan melalui angket subyek uji coba. Selain data hasil validasi serta angket subyek uji coba, pengembangan modul ini juga melihat perbedaan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol baik ranah kognitif maupun ranah psikomotor pada kompetensi dasar mengenai blog. Hasil belajar kelas eksperimen tersebut juga meningkat dari hasil belajar kompetensi dasar sebelumnya. Berdasarkan hasil yang diperoleh, modul Teknologi Perkantoran ini telah layak dan efektif untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar. Saran bagi peneliti selajutnya agar mengembangkan modul dengan kompetensi dasar yang berbeda. Apabila mengembangkan kompetensi dasar yang sama untuk menjelaskan mengenai beberapa web log agar lebih variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29304

Actions (login required)

View Item View Item