Monitoring fase pertumbuhan padi menggunakan citra sentinel-2 dan pengaruh faktor fisik lingkungannya / NUR AFIFAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Monitoring fase pertumbuhan padi menggunakan citra sentinel-2 dan pengaruh faktor fisik lingkungannya / NUR AFIFAH

Afifah, Nur Afifah (2023) Monitoring fase pertumbuhan padi menggunakan citra sentinel-2 dan pengaruh faktor fisik lingkungannya / NUR AFIFAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Padi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Oleh karena itu pemantauan fase pertumbuhan padi dan fenologi padi menjadi penting. Teknologi penginderaan jauh dengan citra Sentinel-2 diterapkan untuk mendapatkan data secara cepat dalam wilayah luas di PT. Sang Hyang Seri. Penelitian ini dilakukan untuk memantau fase pertumbuhan padi menggunakan algoritma NDVI. Kedua bertujuan untuk mengetahui pengaruh curah hujan jenis tanah dan kemiringan lereng terhadap nilai NDVI dan dianalisis perbedaan nilai NDVI pada perbedaan faktor fisik tersebut. Hasil penelitian menunjukkan tren nilai NDVI fase pertumbuhan padi berbentuk kurva parabolik orde-2. Umur padi umumnya berusia 110 hari. Unit lahan terbagi menjadi 3 sesuai dengan faktor fisik tersebut (OATRAL DFTRL DFTTL). Faktor curah hujan jenis tanah dan kemiringan lereng berpengaruh pada kesuburan tanaman namun tidak berpengaruh signifikan terhadap usia tanaman padi. Lamanya pembibitan berpengaruh pada usia tanam padi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293039

Actions (login required)

View Item View Item