Pengaruh kebiasaan belajar, perhatian orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif (studi pada siswa kelas X Otomatisasi dan tata Kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Mafidatul Laili Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kebiasaan belajar, perhatian orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif (studi pada siswa kelas X Otomatisasi dan tata Kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Mafidatul Laili Maghfiroh

Maghfiroh, Mafidatul Laili (2018) Pengaruh kebiasaan belajar, perhatian orang tua dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Produktif (studi pada siswa kelas X Otomatisasi dan tata Kelola perkantoran di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen) / Mafidatul Laili Maghfiroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maghfiroh M.L. 2018. Pengaruh Kebiasaa Belajar Perhatian Orang Tua dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif (Studi Siswa Kelas X Otomatitasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti SPd M.M. Kata Kunci Kebiasaan Belajar Perhatian Orang Tua Lingkungan Sekolah Hasil Belajar Pendidikan tidak terlepas dari kegiatan Belajar. Belajar merupakan aktivitas yang dilakukan seseorang melalui latihan untuk mendapat kecakapan baru perubahan tingkah laku aktual maupun potensial. Dalam proses pembelajaran siswa terdapat faktor- faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu faktor inten merupakan faktor yang berasal dari dalam diri siswa itu sendiri seperti kebiasaan belajar. Sedangkan faktor ekstern merupakan faktor yangberasal dari luar diri siswa seperti perhatian orang tua dan lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi kebiasaan belajar (2) Deskripsi Perhatian orang tua (3) Deskripsi lingkungan sekolah (4) Pengaruh kebiasaan belajar perhatian orang tua dan lingkungan sekolah secara parsial terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Kebiasaan Belajar ( 119883 1) Perhatian Orang Tua ( 119883 2) dan Lingkungan Sekolah ( 119883 3) dengan variabel terikat adalah hasil belajar (Y). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen yang berjumlah 73 responden sehingga untuk pengambilan sampel diambil secara keseluruan yang biasanya disebut dengan sampel jenuh. teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner untuk memperoleh data tentang kebiasaan belajar perhatian orang tua dan lingkungan sekolah. Metode dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data hasil belajar siswa. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwah hasil skor rata- rata jawaban responden menjawab variabel ( 119883 1) Kebiasaan belajar dapat diklasifikasikan tinggi dengan 13 Item pernyataan dari 5 indikator adalah 3 55. Maka dengan demikian dapat disimpulkan kebiasaan belajar siswa kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen adalah baik. Sedangkan variabel ( 119883 2) Perhatian Orang Tua dapat diklasifikasi baik dengan 11 Item pernyataan dari 4 indikator adalah 3 33. Maka dengan demikian dapat disimpulkan perhatian orang tua siswa kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen adalah baik. Sedangkan untuk variabel ( 119883 3) Lingkungan Sekolah dapat diklasifikasi baik dengan 13 Item 7 indikator adalah 463. Maka dengan demikian dapat disimpulkan lingkungan sekolah kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen adalah baik. Adapun dari Variabel Hasil Belajar diperoleh dari nilai UH dan UTS pada mata Pelajaran Produktif. Hasil belajar yang terdapat pada rata- rata nilai UH dan UTS dari 73 siswa diketahui terdapat nilai retang 71-80 dengan klasifikasi cukup baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan (1) data pada penelitian ini adalah berdistribusi normal karena data menyebar diantara garis diagonal dan mengikuti arah diagonal. (2) data pada penelitian ini tidak terjadi multikolinearitas karena nilai VIF 10 dan Tolerance 0 1 (3) data pada penelitian ini tidak terjadi heterokedasitas karena data tidak membentuk suatu pola. berdasarkan hasil uji hipotesis diketahui bahwa kebiasaan belajar tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belaja terbukti dari hasil analisis yang diperoleh nilai 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 8804 119905 119886 119887 119890 119897 yaitu (-0 512 8804 1 993) Perhatian Orang Tua tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar terbukti dari hasil analisis yang diperoleh nilai 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 8804 119905 119905 119886 119887 119890 119897 yaitu (-0 165 8804 1 993). Lingkungan Sekolah tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai 119905 8462 119894 119905 119906 119899 119892 8804 119905 119905 119886 119887 119890 119897 yaitu (-0 342 8804 1 993).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29303

Actions (login required)

View Item View Item