Potensi wisata bahari serang di desa serang kecamatan panggungrejo kabupaten blitar / ANITA ZUMROTIN FITROTUL LAILA - Repositori Universitas Negeri Malang

Potensi wisata bahari serang di desa serang kecamatan panggungrejo kabupaten blitar / ANITA ZUMROTIN FITROTUL LAILA

Laila, Anita Zumrotin Fitrotul Laila (2022) Potensi wisata bahari serang di desa serang kecamatan panggungrejo kabupaten blitar / ANITA ZUMROTIN FITROTUL LAILA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengembangan pariwisata berkelanjutan di daerah perdesaan memerlukan strategi pemberdayaan usaha mikro masyarakat dan peningkatan mutu produk wisata termasuk di kawasan bahari Serang di Kabupaten Blitar. Saat ini pengelolaan wisata bahari di Serang masih rendah menunjukkan kurangnya peningkatan fasilitas infrastruktur dan beberapa hal lainnya yang mengurangi kenyamanan dan keamanan bagi pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi ADO-ODTWA dalam pengembangan pariwisata bahari di Desa Serang khususnya di wisata bahari Serang serta dampaknya terhadap pembangunan pariwisata yang berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode desktriptif. Pengolahan data menggunakan metode skoring berupa penilaian skor terhadap indikator yang sudah ditentukan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan dari hasil observasi dokumentasi dan wawancara. Sementara teknik analisis menggunakan ADO-ODTWA. Penilaian menunjukkan bahwa potensi wisata bahari di Desa Serang sangat potensial dengan skor total sebesar 76%. Meskipun begitu terdapat beberapa aspek yang perlu dievaluasi agar potensi wisata bahari Serang dapat dioptimalkan seperti akomodasi dan promosi produk UMKM khas wisata bahari Serang. Dukungan dari berbagai pihak diperlukan untuk mencapai keberlanjutan pariwisata bahari Serang ini mengingat wilayah tersebut didukung oleh kondisi geografi dan pengelolaan yang baik serta memiliki beragam aspek budaya sosial dan alam yang mendukung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293019

Actions (login required)

View Item View Item