Pemetaan zonasi kerawanan tanah longsor menggunakan metode fuzzy logic di kota batu / Nurhasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemetaan zonasi kerawanan tanah longsor menggunakan metode fuzzy logic di kota batu / Nurhasanah

Nurhasanah (2023) Pemetaan zonasi kerawanan tanah longsor menggunakan metode fuzzy logic di kota batu / Nurhasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kota Batu merupakan salah satu daerah dengan tingkat kerawanan bencana tanah longsor sedang hingga tinggi. Wilayah ini memiliki karakteristik morfologi perbukitan diantara tiga formasi gunungapi yaitu gunungapi Arjuno-Welirang gunungapi Panderman gunungapi Anjasmoro. Karakteristik fisik Kota Batu dicirikan dengan kondisi geomorfologi geologi dan penggunaan lahan yang bervariasi. Wilayah ini juga dicirikan dengan intensitas curah hujan tinggi dengan rata-rata hujan 1800 mm/tahun. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis tingkat kerawanan longsor di Kota Batu menggunakan pendekatan fuzzy logic dan untuk mengetahui parameter yang paling mempengaruhi. Enam parameter yang digunakan untuk memetakan longsor antara lain kemiringan lereng ketinggian tempat jenis tanah batuan curah hujan dan penggunaan lahan. Keenam parameter tersebut dianalisis menggunakan beberapa software antara lain ArcGis dan Matlab. Zonasi kerawanan tanah longsor di Kota Batu dibedakan menjadi lima kelas tingkat kerawanan. Tingkat kerawanan longsor meliputi tidak rawan rendah sedang tinggi dan sangat rawan. Hasil analisis fuzzy logic menunjukkan tingkat kerawanan di Kota Batu yaitu wilayah tidak rawan seluas 5.970 Ha kerawanan rendah 6.724 Ha kemudian kerawanan sedang seluas 3.746 Ha sedangkan kerawanan tinggi seluas 2.081 Ha dan wilayah sangat rawan seluas 5.146 Ha. Berdasarkan distribusi kejadian longsor di Kecamatan Batu pada Tahun 2022 terdapat 12 titik longsor Kecamatan dengan jumlah longsor terendah terdapat di Junrejo yakni sebanyak 2 titik sementara yang tertinggi terletak di daerah Bumiaji sebanyak 14 titik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293013

Actions (login required)

View Item View Item