Pengaruh Pemanfaatan Informasi Berbasis TIK Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI Di SMK Negeri 2 Blitar / Riska Febyliani

Febyliani, Riska (2018) Pengaruh Pemanfaatan Informasi Berbasis TIK Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI Di SMK Negeri 2 Blitar / Riska Febyliani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Febyliani, Riska. Pengaruh Pemanfaatan Informasi Berbasis TIK Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran Kelas XI Di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. I Nyoman Suputra, M.Si. Kata kunci: Pemanfaatan informasi berbasis TIK, kemandirian belajar, dan hasil belajar. Hasil belajar adalah sesuatu yang diperoleh siswa dari pengalamanÔÇôpengalaman belajarnya. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Pemanfaatan informasi berbasis TIK dan kemandirian belajar merupakan faktor-faktor eksternal hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Deskripsi pemanfaatan informasi berbasis TIK, kemandirian belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar, (2) Pengaruh pemanfaatan informasi berbasis TIK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar, (3) Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blitar. Pada penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 84 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Analisis deskriptif, (2) Uji asumsi klasik, (3) Analisis regresi linier berganda, (4) Uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kondisi pemanfaatan informasi berbasis TIK dan kemandirian belajar siswa kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar tergolong baik serta hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Blitar tergolong rendah, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan informasi berbasis TIK terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK Negeri 2 Blitar, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran kelas XI di SMK Negeri 2 Blitar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29301

Actions (login required)

View Item View Item