Kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mata pelajaran TIK kelas VII di MTs Negeri Batu / M Faruq Ziat - Repositori Universitas Negeri Malang

Kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mata pelajaran TIK kelas VII di MTs Negeri Batu / M Faruq Ziat

Ziad, M Faruq (2012) Kompetensi guru dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mata pelajaran TIK kelas VII di MTs Negeri Batu / M Faruq Ziat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kompetensi implementasi KTSP TIK. Sekolah merupakan penyelenggara pendidikan yang bersifat formal. Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan ditentukan diantaranya oleh figur seorang guru. Keberadaan guru sangat diperlukan untuk mengimplementasikan KTSP dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. TIK adalah salah satu ilmu yang mengalami perkembangan selaras dengan perkembangan jaman sehingga guru perlu senantiasa meningkarkan kompetensinya khususnya dalam kegiatan belajar mengajar. Rancangan penelitian adalah deskriptif jenis data kualitatif mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengimplementasikan KTSP. Subyek penelitian adalah kepala MTsN Batu dan guru TIK. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara dengan interpretasi data dari instrumen panduan observasi dan panduan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam hal membuka pelajaran tergolong kurang baik karena dari delapan komponen guru hanya melaksanakan tiga komponen saja (42 5%). Dalam hal melaksanakan kegiatan pembelajaran tergolong cukup baik karena dari sepuluh komponen guru melaksanakan tujuh komponen (70%). Dalam hal menutup pelajaran tergolong kurang baik karena dari keempat komponen guru hanya melaksanakan satu komponen saja (25%). Dalam hal melaksanakan penilaian proses pembelajaran tergolong sangat baik karena guru melaksanakan semua komponen (100%). Secara keseluruhan kompetensi guru dalam mengimplementasika KTSP tergolong kurang baik (59 37%). Disamping itu kompetensi guru TIK dalam mengimplementasikan KTSP masih kurang karena selain di angkat oleh yayasan gurunya juga masih muda jadi masih belum banyak pengalaman dalam hal mengajar. Selain itu fasilitas yang dimiliki oleh lembaga untuk menunjang keberhasilan proses belajar mangajar juga masih kurang karena masih ada beberapa siswa yang tidak mendapatkan komputer. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran yang dapat di sampaikan antara lain (1) Bagi kepala Madrasah Negeri Batu untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh guru TIK perlu adanya peningkatan mutu baik itu melalui diklat-diklat sertifikasi study banding dan sebagainya. Disamping itu juga perlu adanya penambahan fasilitas dan sarana prasarana untuk menunjang keberhasilan dalam malaksanakan pembelajaran TIK. (2) Bagi guru TIK sebelum melaksanakan pembelajaran siswa perlu persiapan untuk menerima pelajaran baru jadi perlu adanya motifasi baik itu dengan menerangkan tentang manfaat materi yang akan disampaikan atau yang lain. Disamping itu siswa juga perlu latihan baik sekolah atau di rumah untuk itu perlu adanya tambahan media baik berupa modul CD interaktif atau yang lain. (3) Bagi peneliti lain bagi peneliti yang tertarik untuk mengembangkan penelitian ini selanjutnnya dapat mengembangkannya dengan membuat rancangan KTSP matapelajaran TIK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item