Penerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran pengantar administrasi umum (studi pada standar kompetensi dasar menerapkan penataan surat/dokumen kelas X APK di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran pengantar administrasi umum (studi pada standar kompetensi dasar menerapkan penataan surat/dokumen kelas X APK di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi)

Sobri, Wardatuz (2018) Penerapan model pembelajaran demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran pengantar administrasi umum (studi pada standar kompetensi dasar menerapkan penataan surat/dokumen kelas X APK di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Sobri Wardatuz. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Untuk meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Umum (Studi pada Standart Kompetensi Dasar Menerapkan Penataan Surat/Dokumen Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sarbini. Kata Kunci model demonstrasi aktivitas belajar dan hasil belajar. Berdasarkan hasil dan wawancara dengan guru mata pelajaran Administrasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa guru masih menggunakan metode ceramah. Selain itu aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Peneliti memiliki solusi yang dapat diterapkan guru melalui model pembelajaran demonstrasi. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Umum Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (2) Apakah penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pengantar Administrasi Umum Kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan subjek 41 peserta didik kelas X APK. Analisis data melalui tahap reduksi data paparan data dan penyimpulan hasil analisis. Setiap siklus penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat dilaksanakan dengan lancar sesuai dengan RPP (2) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I ratarata persentase keberhasilan 77 28% dan pada siklus II 80 52% (3) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar aspek kogitif peserta didik pada siklus I rata-rata persentase keberhasilan 70 68% dan pada siklus II 77 91%. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Penerapan model pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran administrasi umum di kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang dapat dilaksanakan dengan baik sesuai dengan RPP (2) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas X APK SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi (3) Penerapan model pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran administrasi umum. Saran yang dapat diberikan yaitu (1) Bagi guru model pembelajaran demonstrasi dapat dijadikan alternatif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (2) Bagi peserta didik diharapkan dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih aktif (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih memperhatikan pengelolaan waktu dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29299

Actions (login required)

View Item View Item