Hubungan dismenore dengan aktivitas belajar pada siswi di smk negeri 6 malang / Kanita Khairunisa Aziza - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan dismenore dengan aktivitas belajar pada siswi di smk negeri 6 malang / Kanita Khairunisa Aziza

Aziza, Kanita Khairunisa Aziza (2023) Hubungan dismenore dengan aktivitas belajar pada siswi di smk negeri 6 malang / Kanita Khairunisa Aziza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dismenore merupakan kondisi nyeri saat menstruasi yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. WHO menyatakan bahwa 90% wanita di seluruh dunia mengalami dismenore saat menstruasi. Sekitar 70-90% kasus dismenore terjadi pada masa remaja sehingga akan berpengaruh pada aktivitas akademik siswi. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Malang pada bulan Desember 2022 ndash Mei 2023. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa konsentrasi sebagian siswi SMK Negeri 6 Malang dalam belajar menjadi terganggu akibat dismenore dan membuat tidak semangat untuk melakukan aktivitas belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan dismenore dengan aktivitas belajar siswi di SMK Negeri 6 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah 124 siswi kelas X dan XI SMK Negeri 6 Malang yang mengalami dismenore. Sampel yang digunakan sebanyak 56 siswi yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner dan dianalisis dengan analisis univariat dan bivariat. Uji korelasi rank spearman menghasilkan p 0 000 dan r 0 528. Simpulan terdapat hubungan antara dismenore dengan aktivitas belajar siswi di SMK Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292988

Actions (login required)

View Item View Item