Okviantari, Iqlus Aulia Puteri (2018) Pengembangan e-module berbasis flipbook pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital untuk meningkatkan hasil belajar (kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 1 Malang) / Iqlus Aulia Puteri Okviantari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ii ABSTRAK Iqlus Aulia Puteri Okviantari. 2017. Pengembangan E-Module Berbasis Flipbook pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMKN 1 Malang). Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Sarbini M. Pd. Kata Kunci e-module flipbook hasil belajar Pengembangan e-module Simulasi dan Komunikasi Digital sangat dibutuhkan karena belum adanya modul yang diperuntukkan untuk siswa. Pengembangan e-module ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan produk e-module dan mengetahui kelayakan e-module Simulasi dan Komunikasi Digital berbasis Flipbook pada kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN 1 Malang melalui validasi ahli materi dan ahli modul dan (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran setelah menggunakan e-module Simulasi dan Komunikasi Digital berbasis Flipbook melalui hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan e-module dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan e-module. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model penelitian dan pengembangan Borg Gall dengan langkah-langkah yang telah disesuaikan dengan keadaan lapangan dan batas waktu yan diberikan sekolah yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangaan draf produk (4) uji coba lapangan awal (5) revisi hasil uji coba (6) uji coba lapangan (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan (8) uji pelaksanaan lapangan. Validasi e-module dilakukan oleh ahli modul ahli materi dan 6 siswa. E-module yang telah divalidasi oleh ahli modul adalah 96 15% yang menunjukkan sangat valid hasil validasi ahli materi sebesar 92 5% yang menunjukkan e-module sangat valid dan uji coba kelompok kecil adalah 79.41% yang menunjukkan e-module cukup valid. Rata-rata gabungan validasi yaitu sebesar 89 35% yang menunjukkan e-module sangat valid. Setelah melaksanakan pembelajaran pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai post test aspek kognitif untuk kelas kontrol sebesar 75 73% dan untuk kelas eksperimen sebesar 85 29%. Dan untuk hasil nilai praktik aspek psikomotorik kelas kontrol sebesar 79 58% dan kelas eksperimen sebesar 85 69%. Saran pengembang yaitu mengembangkan sistem pada kuis atau latihan soal agar siswa dapat langsung menjawab soal tersebut. Hal ini agar produk menjadi produk yang lebih kreatif dan inovatif dengan menggabungkan beberapa software atau website. Software atau Website yang dimaksudkan adalah software atau website yang dapat memaparkan latihan soal yang nantinya siswa dapat mengerjakan dan memunculkan hasil dari latihan soal tersebut. Jadi siswa tidak menggunakan kertas lagi dalam proses pembelajaran terutama saat mengerjakan latihan soal. Hal ini sangat mendukung untuk sekolah yang berwawasan Adiwiyata. Selanjutnya disarankan pada peneliti agar melakukan validasi ahli iii modul dan ahli materi lebih dari satu orang sehingga kualitas e-module menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 May 2018 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2018 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29298 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |