Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Firda Fauziah

Fauziah, Firda (2018) Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Firda Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Fauziah, Firda. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd. Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, Kinerja Guru Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja guru adalah dengan menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan tujuan sekolah. Setiap sekolah membutuhkan seorang kepala sekolah, yang tentu gaya kepemimpinan kepala sekolah akan berbeda-beda dan setiap kepala sekolah harus bisa meningkatkan kinerja gurunya. Selain gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi yang kuat akan dapat meningkatkan motivasi yang luar biasa terhadap anggota organisasi untuk memberikan kemampuan terbaiknya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepadanya. Hal tersebut diharapkan guru dapat bekerja secara maksimal sehingga tujuan sekolah dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang (2) pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang (3) Pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang dan (4) pengaruh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS for windows. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Muhammadiyah 2 Malang sejumlah 33 orang dan sampel sebanyak 33 orang menggunakan metode sampel jenuh dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) gaya kepemimpinan kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 Malang termasuk dalam klasifikasi baik (2) budaya organisasi SMK Muhammadiyah 2 Malang termasuk dalam klasifikasi baik (3) kinerja guru SMK Muhammadiyah 2 Malang termasuk dalam klasifikasi baik. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa: (1) data dalam penelitian ini berdistribusi normal karena data menyebar di antara garis diagonal dan mengikuti arah diagonal (2) data dalam penelitian ini tidak terjadi multikolinieritas karena nilai VIF < 10 dan Tolerance > 0,1 (3) data pada penelitian ini tidak terjadi heteroskedastisitas karena data tidak membentuk suatu pola. Berdasarkan hasil Uji t diketahui bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru, terbukti dari hasil analisis yang diperoleh nilai signifikansi 0,852 > 0,05. Budaya organisasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai signifikansi 0,014 < 0,05. Untuk Uji F diketahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan, terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai signifikansi F 0,006 < 0,05.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29297

Actions (login required)

View Item View Item