Analisis kualitas limbah cair berdasarkan perbedaan waktu operasional (studi kasus hotel x) / Ikhda Farah Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kualitas limbah cair berdasarkan perbedaan waktu operasional (studi kasus hotel x) / Ikhda Farah Damayanti

Damayanti, Ikhda Farah Damayanti (2023) Analisis kualitas limbah cair berdasarkan perbedaan waktu operasional (studi kasus hotel x) / Ikhda Farah Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Limbah adalah hasil akhir dari segala aktivitas manusia yang sudah tidak mempunyai nilai ekonomi serta menyebabkan kerugian lingkungan. Limbah cair perhotelan tergolong sebagai limbah domestik akan menghasilkan berbagai zat yang dapat mencemari lingkungan. Hotel X merupakan salah satu hotel yang pernah mendapatkan pengaduan dari masyarakat mengenai kualitas air limbah yang dibuangnya. Faktor yang mengakibatkan meningkatnya jumlah kadar kualitas limbah cair yang dihasilkan salah satunya ialah waktu kegiatan operasional hotel. Adanya penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengkaji apakah ada perbedaan kualitas limbah cair yang terdiri atas pH BOD COD TSS minyak lemak dan amonia pada waktu operasional akhir pekan dan hari kerja. Penelitian ini berjenis kuantitatif menggunakan pendekatan cross sectional. Adapun populasi serta sampel yang dipakai yaitu 2 outlet IPAL yang berada di Hotel X. Teknik pengumpulan data menggunakan pengujian dengan metode in situ untuk parameter pH serta melalui laboratorium untuk parameter BOD COD TSS minyak lemak dan amonia. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya tidak terdapat perbedaan antara pH BOD COD TSS minyak lemak dan amonia dengan waktu operasional Hotel X dengan nilai signifikansi p 1 000 p 0 317.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292958

Actions (login required)

View Item View Item