Pengembangan media pembelajaran dengan bantuan aplikasi adobe flash berbasis android pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Nur Islamiya

Islamiya, Nur (2018) Pengembangan media pembelajaran dengan bantuan aplikasi adobe flash berbasis android pada kompetensi dasar menerapkan tata ruang kantor untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Nur Islamiya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Islamiya, Nur. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash Berbasis Android pada Kompetensi dasar Menerapkan Tata Ruang Kantor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Peserta Didik Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Agung Winarno, M.M Kata kunci: Media pembelajaran, Adobe flash, Android, Menerapkan Tata Ruang Kantor, Hasil belajar Media pembelajaran merupakan salah satu bentuk perantara yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga dapat menunjang proses pembelajaran. Fungsi penggunaan media pembelajaran adalah dapat menarik minat peserta didik dan dapat memberikan pengalaman yang lebih nyata terhadap peserta didik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) untuk menghasilkan produk media pembelajarann Administrasi Umum dengan bantuan aplikasi Adobe Flash berbasis Android pada kompetensi dasar Menerapkan Tata Ruang Kantor di SMK Negeri 1 Pasuruan kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (2) untuk menguji kelayakan media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android pada mata pelajaran Administrasi Umum melalui uji validasi, 3) untuk menguji pengaruh keefektifan media pebelajaran terhadap hasil belajar siswa setelah menerapkan media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android . Pengembangan media pembelajaran android ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R&D) yang kemukakan oleh Borg dan Gall (1979:626). Peneliti menggunakan langkah dari model tersebut karena disesuaiakan dengan kondisi lapangan dan keterbatasan waktu. Adapun langkah-langkah yang digunakan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) pengembangan produk, (3) uji coba validasi, (4) revisi desain, (5) uji coba kelompok terbatas, (6) revisi akhir, (7) uji coba produk. Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android yang telah tersedia di Play Store ÔÇ£BetarukaÔÇØ (Belajar Tata Ruang Kantor). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) menghasilkan produk berupa media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android pada kompetensi dasar menerapkan tataruang kantor di SMK Negeri 1 Pasuruan pada mata pelajaran Administrasi Umum, (2) produk media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android telah diuji kelayakan oleh ahli validasi media bahwa media pembelajaran sangat layak digunakan untuk pembelajaran, (3) produk media pembelajaran Adobe Flash berbasis Android cukup efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar. Saran untuk pengembangan media pembelajaran Adobe Flash Professional CS.6 berbasis Android ini dapat dikembangkan pada mata pelajaran Administrasi Umum lainnya, dan untuk guru mata pelajaran Administrasi umum disarankan untuk menggunakan media berbasis android ini sebagai alternatif penunjang pembelajaran. 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29295

Actions (login required)

View Item View Item