Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang / Novia Setianingtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang / Novia Setianingtyas

Setianingtyas, Novia (2018) Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang / Novia Setianingtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setianingtyas Novia 2013. Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Administrasi Perkantoran Di SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang. Skripsi Prodi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Managemen FE Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Heri Pratikto M.Si. Kata Kunci Keefektifan Implementasi Kurikulum 2013 Seiring dengan perubahan kurikulum di bidang pendidikan dan perkembngan di berbagai aspek kehidupan serta tingginya tingkat persaingan disegala bidang menuntut dunia pendidikan di Indonesia untuk lebih meningkatkan kualitas lulusanya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam merespon hal tersebut adalah perbaikan dan pergantian kurikulum yaitu dari Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) digantikan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan saat ini Kurikulum 2013. Dalam Keefektifan kurikulum 2013 ini sangat ditentukan oleh pemahaman dan kesiapan para guru sebab tanpa adanya pemahaman dan kesiapan yang baik dari guru Kurikulum 2013 ini tidak akan berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan guru mata pelajaran Administrasi Perkantoran keefektifan penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Administrasi Perkantoran dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam keefektifan implementasi Kurikulum 2013 di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah Guru Administrasi Perkantoran Waka Kurikulum Kepala Sekolah dan siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang. Informan yang digunakan yaitu sejumlah 3 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama keefektifan implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 2 Malang sudah terlaksana dengan baik namun masih ada beberapa yang belum terlaksana dengan maksimal hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan yang belum dilakukan sesuai dengan RPP yang dirancang. Kedua keefektifan guru dalam penerapan kurikulum 2013 juga baik hanya saja jumlah guru mata pelajaran Administrasi Perkantoran yang tergolong masih kurang. Guru mampu memahami perubahan teknis dan tujuan pengimplementasian kurikulum 2013. Ketiga faktor pendukung keefektifan implementasi kurikulum 2013 para guru sudah mengerti mengenai kurikulum 2013 sarana dan prasarana yang memadai dan sumber daya manusia. Faktor penghambat keefektifan implementasi kurikulum 2013 sumber daya manusia dan alokasi waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29293

Actions (login required)

View Item View Item