Hubungan tingkat aktivitas fisik, pola hidup sehat dengan prestasi belajar siswa kelas x smkn 4 malang / ADESTIRA ALAMIN - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan tingkat aktivitas fisik, pola hidup sehat dengan prestasi belajar siswa kelas x smkn 4 malang / ADESTIRA ALAMIN

Alamin, Adestira Alamin (2021) Hubungan tingkat aktivitas fisik, pola hidup sehat dengan prestasi belajar siswa kelas x smkn 4 malang / ADESTIRA ALAMIN. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aktivitas fisik adalah setiap gerakan tubuh yang meningkatkan pengeluaran tenaga dan energi atau pembakaran kalori (Kemenkes 2015 2). Aktivitas fisik juga mampu membuat pola hidup menjadi sehat dan lebih baik dengan cara beraktivitas teratur terukur dan terjadwal Aktivitas fisik juga dapat berdampak pada prestasi belajar. Hasil uji statistik 121 siswa yang sering melakukan olahraga didapatkan 86% memiliki daya konsentrasi belajar yang baik dan 14% kurang (Sudi S.S 2016 4). Dengan aktivitas fisik yang cukup / moderate kurang lebih 150 menit dalam 1 minggu memungkinkan siswa atau seorang pelajar memahami pelajaran karena konsentrasi yang lebih baik untuk mendapat prestasi yang lebih baik daripada seseorang yang melakukan aktivitas fisik yang kurang atau tidak sama sekali. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional yang merupakian bagian dari deskriptif. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan alat-alat atau instrumen untuk mengukur variabel tertentu yaitu berupa kuesioner dan dokumen rapor. Penelitian korelasional bertujuan untuk mendeteksi adakah hubungan variabel pada satu atau lebih faktor berdasrkan koefisien korelasi (Sumard 2008 24). sampling ini menggunakan metode random sampling dan menggunakan 62 siswa SMKN 4 Malang. Aktivitas fisik terhada prestasi menunjukan hasil menunjukan presentase yang berbeda tidak semua high moderat dan low. Daari 62 siswa 10 berkategori high 16 berkategori moderat dan low menunjukan 36 hasil menunjukan bahwa siswa jarang melakukan aktivitas fisik sedangkan pola hidup sehat terhadap prestasi menunjukan siswa yang berkategori sehat berjumlah 50 orang atau 80 65% bahwa orang yang melakukan hidup sehat bisa saja prestasinya kurang baik dan bisa saja juga baik di karenakan status gizi dan pestasi belajar tidak ada kaitannya. Jika di lihat dengan hasil prestasi bahwa orang yang melakukan pola hidup sehat belum bisa di katakan berprestasi. Kesimpulan dari hasil di atas bahwa aktivitas memiliki hubungan hanya saja ada factor juga yang mempengaruhi seluruh aspek dari yang telah di bahas seperti aktivitas fisik pola hidup sehat dan juga terhadap prestasi siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292929

Actions (login required)

View Item View Item