Pengembangan e-module kearsipan berbasis flipbook dengan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada siswa kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungaung) / Indri Isnaeni

Isnaeni, Indri (2018) Pengembangan e-module kearsipan berbasis flipbook dengan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada siswa kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungaung) / Indri Isnaeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Isnaeni, Indri. 2018. Pengembangan E-module Kearsipan Berbasis Flipbook dengan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Siswa kelas X Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Sarbini, M.Pd. Kata Kunci: e-module,flipbook, discovery learning,dan hasil belajar. Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh adanya keterbatasan bahan ajar sesuai dengan kurikulum 2013. Saat ini, bahan ajar yang tersedia di SMK Negeri 1 Boyolangu hanya sebatas menampilkan materi dan jumlahnya terbatas sehingga belum mencukupi kebutuhan peserta didik. Selain itu, bahan ajar yang digunakan belum mampu mendorong peserta didik untuk aktif memperoleh pengetahuannya sendiri sesuai dengan konsep pembelajaran saintifik approach. Penggunaan teknologi dalam kegiatan pembelajaran masih terbatas untuk mencari materi di internet, padahal pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 disarankan adanya pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan, mengetahui kelayakan, dan mengetahui efektivitas e-modulekearsipanberbasis flipbook dengan model pembelajaran discovery learning yang dihasilkan peneliti. Produk yang dihasilkan dalampenelitian dan pengembangan ini adalah ?¼e-module berbasis flipbook dengan model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Kearsipan. Kompetensi dasar yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah Menerapkan Prosedur Pemeliharaan Arsip. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Lee & Owens yang terdiri dari 4 langkah yaitu, (1) Penilaian atau Analisis; (2)Desain;(3) Pengembangan dan Implementasi;(4) dan Evaluasi. Subjek dari penelitian dan pengembangan ini adalah ahli teknologi produk, ahli materi, dan peserta didik X Manajemen Perkantoran di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung. Hasil rata-rata validasi ahli teknologi produk sebesar 95,4%, ahli materi sebesar 97%, dan peserta didik sebesar 91,6%. Rata-rata ketiga validasi tersebut sebesar 94,67%, hasil validasi e-moduletersebut menunjukkan bahwa e-module yang dihasilkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. E-module yang dihasilkan dinyatakan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas yang ditunjukkan dengan hasil uji gain skorternormalisasi> 0,7 yaitu sebesar 0,75.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29292

Actions (login required)

View Item View Item