Pengaruh pemanfaatan internet dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar pada kelompok mata pelajaran produktif (studi pada peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Ainur Rahim Setiawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan internet dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar pada kelompok mata pelajaran produktif (studi pada peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Ainur Rahim Setiawan

Setiawan, Ainur Rahim (2018) Pengaruh pemanfaatan internet dan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar pada kelompok mata pelajaran produktif (studi pada peserta didik kelas XI Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Ainur Rahim Setiawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setiawan Ainur Rahim. 2017. PengaruhPemanfaatan Internet danPerpustakaanSekolahterhadapHasilBelajarPadaKelompok Mata PelajaranProduktif (StudiPadaPesertaDidikKelas XI AdministrasiPerkantoran SMK PGRI Turen). Skripsi JurusanManajemen Program StudiPendidikanAdministrasiPerkantoran FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs Mohammad Hari M.Si Kata Kunci pemanfaatan internet perpustakaansekolah hasilbelajar Pendidikanmerupakanhalpenting yang bertujuanuntukmembentukgenerasipenerus yang berkualitas kualitaspendidikan yang baikakanmencetaksumberdayamanusia yang cerdas. Denganadanyafasilitas internet danperpustakaansekolahsebagaifaktorpendukunghasilbelajarpadapesertadidikdalammemanfaatkaninternet danmemanfaatkanperpustakaansekolahuntukmembentukgenerasipenerus yang memilikikualitaspendidikan yang baik Penelitianinidilakukanuntukmengetahui (1) pengaruhpemanfaatan internet terhadaphasilbelajarpesertadidikpadakelompokmatapelajaranproduktifAdministrasiPerkantorankelas XI AdministrasiPerkantoran di SMK PGRI Turen (2) pengaruhpemanfaatanperpustakaansekolahterhadaphasilbelajarpesertadidikpadakelompokmatapelajaranproduktifAdministrasiPerkantorankelas XI AdministrasiPerkantoran di SMK PGRI Turen. Penelitianinimenggunakanpenelitiandeskriptifkuantitatif. Variabel yang digunakandalampenelitianiniadalahpemanfaatan internet danpemanfaatanperpustakaansekolahsebagaivariabelbebassertahasilbelajarpesertadidiksebagaivariabelterikat. Populasi yang digunakandalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XI AdministrasiPerkantoran SMK PGRI Turentahunajaran 2017/2018 yang berjumlah 60 siswa. Sampel yang diambiladalahkeseluruhanpopulasi yang dijadikansampel yang berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahangketataukuisionerdandokumentasi. Analisis data dalampenelitianinimenggunakananalisis data deskriptifdananalisis data inferensialdalamanalisisregresi linier bergandadenganbantuan program IBM SPSS Statistics Version 24 dengantingkatsignifikansi 5%. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilanalisisdeskriptiftentang rata-rata skorpemanfaatan internet yang memilikinilai rata-rata sejumlah3 59sedangkanhasilanalisisdeskriptiftentang rata-rata skorpemanfaatanperpustakaansekolahtermasukkategoricukupbaik yang memilikinilai rata-rata sejumlah3 10dannilaisignifikansi t darivariabelpemanfaatan internet (X1) sebesar 0 000 danthitungsebesar 3 749denganketerangan Ha diterimadan Ho ditolaksedangkannilaisignifikansi t darivariabelpemanfaatanperpustakaansekolah (X2) sebesar 0 000 danthitung 6 775 denganketerangan Ha diterimadan Ho ditolak. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut dapatdisimpulkanbahwa (1) analisisdeskriptiftentangpemanfaatan internet termasukkategoribaik yang memilikinilairata-rata sejumlah3 59 dananalisisdeskriptiftentangpemanfaatanperpustakaansekolahtermasukkategoricukupbaik yang memilikinilai rata-rata sejumlah3 10 (2) adapengaruh yang signifikanantarapemanfaatan internet terhadaphasilbelajarpesertadidikpadakelompokmatapelajaranproduktifkelas XI AdministrasiPerkantoran di SMK PGRI Turen (3) adapengaruh yang signifikansiantarapemanfaatanperpustakaansekolahterhadaphasilbelajarpesertadidikpadakelompokmatapelajaranproduktifkelas XI AdministrasiPerkantoran di SMK PGRI Turen. Berdasarkankesimpulantersebut maka saran yang dapatdiberikanadalah (1) dapatdijadikanacuanbagipihaksekolah SMK PGRI Turenuntuklebihmemberikanpengertian bimbingandanpantauan yang lebihuntukpesertadidiksupayamemanfaatkan internet danperpustakaansekolahdenganmaksimal (2) Gurudiharapkandapatmemotivasidandorongankepadapesertadidikuntukmemanfaatkan internet danperpustakaansekolah. Yang dapatdilakukandengancaramemberikantugaskepadapesertadidikuntukmencaribahanpelajaranmelalui internet ataupunperpustakaansekolah (3) penelitiselanjutnya yang tertarikuntukmelanjutkanpenelitianini perludilakukanpenelitianlebihlanjutmengenaivariabel lain yang dapatmempengaruhihasilbelajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Mar 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29291

Actions (login required)

View Item View Item