Klasifikasi kuartil jurnal menggunakan metode svm dengan berbagai kernel / JABAR ASH SHIDDIQY - Repositori Universitas Negeri Malang

Klasifikasi kuartil jurnal menggunakan metode svm dengan berbagai kernel / JABAR ASH SHIDDIQY

Shiddiqy, Jabar Ash Shiddiqy (2023) Klasifikasi kuartil jurnal menggunakan metode svm dengan berbagai kernel / JABAR ASH SHIDDIQY. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jurnal merupakan media publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian. SCImago Journal Rank (SJR) adalah website penyedia pemeringkatan jurnal yang terhubung dengan dataset Scopus. Didalam SJR memiliki kategori kuartil sebagai tingkatan kualitas jurnal. Untuk mendekati nilai indikator SJR dilakukan dengan pendekatan data mining. Penelitian ini menerapkan CRISP-DM sebagai kerangka model. Metode data mining yang digunakan adalah klasifikasi. Algoritma yang digunakan adalah Support Vector Machine (SVM) karena mampu menyelesaikan permasalahan non-linier. Pada penelitian ini merubah dataset menjadi 4 dataset yang berbeda. Hal ini menjadikan setiap dataset hanya memiliki 2 kategori (kelas) guna menghindari multiclass. Setiap dataset mengambil satu nilai kategori (Q) dan ketiga kategori lainnya digabungkan menjadi kategori (NQ). Skenario yang dilakukan pada penelitian ini adalah membandingkan fungsi kernel dan fungsi cost. Akurasi terbaik dihasilkan pada kernel RBF. Hal tersebut dikarenakan dataset SJR memiliki cluster yang melingkar. SVM mampu mendekati klasifikasi SJR. Hal tersebut ditunjukkan pada hasil performa terbaik yang didapatkan dengan menggunakan kernel RBF dengan hasil terbaik setiap dataset dengan nilai rata-rata akurasi 80 42%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292900

Actions (login required)

View Item View Item