Pengembangan aplikasi website klinik publikasi jurnal dengan metode design thinking / Muhammad Fajar Ali Shodiq</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan aplikasi website klinik publikasi jurnal dengan metode design thinking / Muhammad Fajar Ali Shodiq</p>

Shodiq, Muhammad Fajar Ali (2023) Pengembangan aplikasi website klinik publikasi jurnal dengan metode design thinking / Muhammad Fajar Ali Shodiq</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Di era yang sarat akan teknologi komunikasi dan informasi saat ini untuk menunjang dan memajukan pengetahuan manusia yaitu salah satunya dengan menuangkan ide atau gagasan yang muncul pada setiap insan manusia. Yaitu dengan adanya sebuah karya tulis dari ide gagasan yang terpublikasi. Publikasi ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan informasi pengetahuan yang terkait. Dan diharapkan informasi yang diperoleh dapat dimanfaatkan oleh para ahli dan praktisi untuk melengkapi informasi yang belum terklarifikasi. Maka dari itu salah satu solusi yang didapat dengan adanya sebuah media yang membantu para penulis tersebut. Aplikasi klinik publikasi jurnal merupakan sebuah layanan yang bertujuan untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan penulis dan memahami proses publikasi jurnal melalui observasi maupun wawancara sehingga nantinya bisa diharapkan dapat membantu para penulis dalam melakukan pengkoreksian kelayakan jurnal agar dapat mempermudah dan meminimalisir penolakan pada saat proses publikasi jurnal ke publisher jurnal. Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan aplikasi klinik publikasi jurnal berbasis website dengan menerapkan metode design thinking. (2) Menerapkan pengujian Heuristic Evaluation pada pengembangan aplikasi klinik publikasi berbasis website. Metode design thinking merupakan salah satu metodologi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan dan memenuhi kebutuhan pengguna. Metode ini memfokuskan pada kebutuhan pengguna dan memastikan bahwa solusi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan tersebut. Adapun tahapan metode tersebut yaitu Empathize Define Ideate Prototype dan Testing. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa penerapan metode design thinking dalam pengembangan aplikasi klinik publikasi jurnal berbasis web memiliki keuntungan dalam menghasilkan produk yang lebih terfokus pada kebutuhan pengguna serta membantu tim pengembang aplikasi untuk memahami masalah yang dihadapi pengguna menemukan solusi yang kreatif dan menghasilkan produk yang lebih inovatif. Dan didapatkan hasil pengujian sistem menunjukkan performa yang lebih baik setelah dilakukan evaluasi dari responden yang diberikan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/292884

Actions (login required)

View Item View Item