Pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMKN 2 Blitar / Ayob Hajar Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMKN 2 Blitar / Ayob Hajar Wicaksono

Wicaksono, Ayob Hajar (2018) Pengaruh gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah dan budaya organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMKN 2 Blitar / Ayob Hajar Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wicaksono Ayob Hajar. 2017. Pengaruh Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Disiplin Kerja Guru di SMK Negeri 2 Blitar. Skripsi Program Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hj. Madziatul Churiyah S.Pd M.M Kata kunci Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Budaya Organisasi Sekolah dan Disiplin Kerja Guru Salah satu faktor keberhasilan dalam pendidikan adalah disiplin kerja guru. Menciptakan disiplin kerja yang baik dapat dipengaruhi oleh peran kepala sekolah serta budaya organisasi. Kepemimpinan situasional fokus pada kesiapan bawahannya. Kepala sekolah juga dapat mempengaruhi budaya organisasisekolah. Budaya organisasi merupakan penyebaran kepercayaan dan nilai-nilai yang berkembang dalam suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan gaya kepemimpinan situasionalkepalasekolah budaya organisasi sekolah dan disiplin kerja guru di SMK Negeri 2 Blitar (2) Mengetahui pengaruh positif dan signifikan secara parsial gaya kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMK Negeri 2 Blitar (3) Mengetahui pengaruh positif dan signifikan secara parsial budaya organisasi terhadap disiplin kerja guru di SMK Negeri 2 Blitar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 90 guru di SMK Negeri 2 Blitar. Variabel penelitian meliputi kepemimnan situasional budaya organisasi sekolah dan disiplin kerja guru. Variabel bebas dari penelitian ini adalah Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah (X1) dan Budaya Organisasi Sekolah (X2) sedangkan variabel terikat penelitian ini adalah Disiplin Kerja Guru (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan (a) analisis deskriptif (2) analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kepemimpinan situasional kepala sekolah budaya organisasi sekolah dan disiplin kerja guru termasuk dalam kategori baik (2) nilai sig. variabel kepemimpinan kepala sekolah sebesar 0 094 artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kepemimpinan situasional kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru (3) nilai sig. variabel budaya organisasi sekolah sebesar 0 000 artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara budaya organisasi sekolah terhadap disiplin kerja guru 4) Nilai Adjusted R Square 0 457 artinya 45 7% disiplin kerja guru dipengaruhi oleh kepemimpinan situasional kepala sekolah (X1) dan budaya organisasi (X2) sedangkan 54 3% diduga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Berdasarkanpenelitianinipenelitimenyarankanbagi kepala sekolah untuk salingbekerjasamadengan guru untuk meningkatkan disiplin kerja guru sehingga dapat menciptakan kualitas pendidikan yanglebih baik lagi dan mencetak siswa-siswi yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Feb 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29288

Actions (login required)

View Item View Item