Analisis kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Kearsipan SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Faried Achyar Mahmuddin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Kearsipan SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Faried Achyar Mahmuddin

Mahmuddin, Faried Achyar (2018) Analisis kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Kearsipan SMKN 1 Boyolangu Tulungagung / Faried Achyar Mahmuddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mahmuddin Faried Achyar. 2017. Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Kearsipan Smkn 1 Boyolangu Tulungagung. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd M.M Kata Kunci Kompetensi Pedagogik Guru Mata Pelajaran Kearsipan Guru memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam pelaksanaan proses belajar mengajar untuk mendidik peserta didik dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki. Salah satu kompetensi yang dinilai dalam kinerja guru adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh guru. Menurut Peraturan Pemerintah RI No 74 Tahun 2008 kompetensi pedagogik merupakan Kemampuan Guru dalam pengelolaan pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman wawasan kependidikan pemahaman terhadap peserta didik pengembangan kurikulum/silabus perancangan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis pemanfaatan teknologi pembelajaran evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik dalam mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru mata pelajaran kearsipan di Smkn 1 Boyolangu (2) Apakah kompetensi pedagogik guru mata pelajaran kearsipan di Smkn 1 Boyolangu sudah optimal (3) Apa kendala yang dihadapi guru mata pelajaran kearsipan di Smkn 1 Boyolangu dalam kompetensi pedagogik Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Menurut Moleong (2015 4) penelitian kualitatif didefinisikan sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran kearsipan yang berjumlah dua orang guru ditambah satu kepala sekolah di Smkn 1 Boyolangu. Prosedur pengumpulan data dengan observasi dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil pembahasan terkait dengan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 Boyolangu dalam menyelenggarakan proses pembelajaran kepada peserta didiknya dengan menguasai kompetensi pedagogik dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut (1) Guru mata pelajaran kearsipan di Smkn 1 boyolangu menyelenggaran kompetensi pedagogik secara efektif dan baik. (2) Guru mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 boyolangu sudah optimal dalam menyelenggarakan kompetensi pedagogik. (3) Guru mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 1 boyolangu bisa meminimalisir kendala yang dihadapi dalam melakuka kompetensi pedagogik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29287

Actions (login required)

View Item View Item